Koneksi Antar materi - Modul 3.1
Tujuan Pembelajaran Khusus:
1. CGP membuat kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang didapat, dengan beraneka cara dan media.
2. CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya.
Kegiatan Pemantik:
Bacalah kutipan ini dan tafsirkan apa maksudnya:
“Mengajarkan anak menghitung itu baik, namun mengajarkan mereka apa yang berharga/utama adalah yang terbaik”
(Teaching kids to count is fine but teaching them what counts is best).
Bob Talbert
Dari kutipan di atas, apa kaitannya dengan proses pembelajaran yang sedang Anda pelajari saat ini?
Pembelajaran yang sedang saya jalani dalam pelatihan CGP Angkatan 7 Kab. Serdang Bedagai secara khusus dalam modul 3.1 ini adalah bagaimana saya dapat mengambil keputusan baik dan bijak ketika saya kelak diberi kepercayaan menjadi kepala sekolah. Bagaimana seorang pimpinan harus peka terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekolah ketika dalam mengambil sebuah keputusan. Bagaimana saya dapat memahami teori teori dalam pengambilan keputusan (keterampilan dalam pengambilan keputusan, 4 paradigma pengambilan keputusan , 3 prinsip pengambilan keputusan , 9 langkah dalam pengambilan/pengujian keputusan)
Bagaimana nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang kita anut dalam suatu pengambilan keputusan dapat memberikan dampak pada lingkungan kita?