Lihat ke Halaman Asli

HERRY SETYANTO

GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMK NEGERI 1 GONDANG

Kejenuhan Mengikuti Pelajaran

Diperbarui: 1 Maret 2024   09:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setiap siswa sebenarnya sering mengalami kejenuhan. faktor kejenuhan yang berasal dari diri sendiri dan dari faktor dari luar. Faktor kejenuhan dari dalam diri siswa seperti merasa tidak mampu mengikuti pelajaran, merasa adanya cacat fisik / sakit yang siswa alami. Selanjutnya factor yang berasal dari luar yaitu seperti teman satu kelas sering berisik, guru menyampaikan pelajaran kurang menarik. Dari kedua factor tersebut yang paling dominan dialami oleh siswa yaitu karena factor dari diri siswa. Seringnya siswa tidak active dalam berkomunikasi menyebabkan siswa kurang mendapatkan informasi yang banyak berkaitan dengan pembelajaran. Kenyataan dilapangan ternyata sangat komplek sekali bisa jadi siswa mengalami kejunuhan dikarenakan kurangnya informasi dari guru. Untuk permasalahan ini siswa sudah masuk sekolah kejuruan (SMK) yaitu pada saat masuk di kelas x.

Sebenarnya siswa sudah mantap terhadap pilihan jurusan yang sudah dipilih. Tidak hanya pilihan saja yang telah ditentukan, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa minat bakat sudah sesuai ketentuan pilihan jurusan yang siswa ambil. Hal ini bisa terjadi disaat pembelajaran berlangsung sekitar 3 minggu. Beberapa hasil wawancara kepada beberapa siswa di jurusan  unit layanan wisata (ULW), di temukan data yaitu:

  • Siswa belum mengerti jurusan yang ia pilih mempunyai prospek karier yang cerah
  • Jurusan yang telah diambil ternyata membuat bangga orangtua.

Dalam kesempatan kali ini saya selaku guru BK memberikan layanan bimbingan kelompok dengan topic pemantapan pilihan jurusan. Terbukti siswa merasa lega dan bersemangat untuk selalu mengikuti pelajaran dikelas. Dalam hal ini tidak lepas peran dari wali kelas dan guru mata pelajaran yang memberikan kontribusi yang sangat besar dalam observasi dan wawancara terhadap permasalah siswa. Bibingan klompok ini sangat efektif dilakukan oleh guru BK, dikarenakan pada dasarnya bimbingan ini bisa secara luas memberikan layanan informasi kepada siswa yang mengalami masalah dan sekaligus siswa yang tidak mengalami masalah. Kerja keras guru BK sangatlah berperan active dalam kemajuan siswa atau sekolah. Dengan evaluasi proses dan evaluasi hasil maka efektivitas kegiatan tersebut akan terlihat jelas pada layanan bimbingan kelompok untuk siswa SMK kelas X. 98% menunjukkan efektivitas layanan bimbingan kelompok yaitu dengan topic pemantapan pilihan jurusan. Topic ini mengandung kata kata yang bersifat positif untuk meningkatkan dam pemantapan pilihan jurusan. Tidak ada gading yang tak redak, mohon saran konstrutive, agar penulisan ini lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline