Lihat ke Halaman Asli

Herry Mardianto

TERVERIFIKASI

Penulis

Penjelajah: Gliyak-gliyak Tumindak, Sareh Pakoleh

Diperbarui: 21 Oktober 2023   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gliyak-gliyak/Foto: Hermard

Konon katanya, seberapa pun pencapaianmu, harus dirayakan dengan cara apa pun. Meskipun pencapaian baru seujung kuku, ya tak ada salahnya kalau dirayakan dengan sebuah tulisan, meskipun tulisannya seperti memuji-muji diri sendiri yang tak layak mendapat pujian...

Izinkan kali ini saya merayakan pencapaian menjadi Penjelajah di Kompasiana, terhitung sejak tanggal 18 Oktober 2023, bersamaan dengan penerimaan  sesuatu dari PT. Kompas Cyber Media.  Pencapaian itu berkat 275 tulisan-39 artikel utama dan 240 pilihan.

Mulai menulis di Kompasiana  19 November 2022 dengan cerpen "Suara Hati Lelaki Sunyi", bercerita mengenai khayalan seorang fotografer. Ada pembaca yang bertanya, apakah cerita itu merupakan pengalaman pribadi? 

Jawabannya sangat sederhana bahwa cerpen ditulis berdasarkan imajinasi, bukan kenyataan. Pertanyaan nakal berikutnya menyusul,  tapi bukankah perbedaan antara imajinasi dan kenyataan sangat tipis? Dan bukankah seimajinatif apa pun karya sastra, ia tetap berangkat dari kenyataan? Bukankah karya sastra berisi alternatif mengenai penyelesaian masalah kehidupan, sesuatu yang riil, nyata?
(Maaf, saya tidak mampu menjawab pertanyaan yang terlalu teorits!)


Bagaimana rasanya  dengan pencapaian sekarang ini?
Tentu  ini harus disyukuri,  sesuai dengan pernyataan Ibu Negara Omah Ampiran, 

"Disyukuri bisa terus menulis meskipun tidak ajeg. Alhamdulillah, biar pun rejekinya masih sedikit, tapi patut dirayakan. Setidak-tidaknya, bisa jajan es dawet di Purwomartani atau kipo Kotagede!"

Mengapa Kompasiana menjadi pilihan?
Di Kompasiana berkumpul penulis yang bukan kaleng-kaleng. Tulisan mereka apik-apik. Ini adalah tempat belajar menulis yang saya anggap sebagai kawah candradimuka. 

Di samping itu ada aspek sosial, etika, dan kebersamaan yang wajib dijaga kompasianer. Tegur sapa, saling mendukung, memberi komentar, merupakan jalinan silaturahmi mengasyikan. Lebih dari itu, admin Kompasiana terus merawat setiap tulisan yang ditayangkan, sehingga kompasianer tahu berapa jumlah tulisan yang pernah dibuat, dilihat berapa orang, tingkat pencapaian artikel utama dan pilihan, penilaian (voting) dari sesama kompasianer, dan beragam komentar sebagai bentuk apresiasi positif terhadap tulisan yang dihasilkan.

Strategi menulis di Kompasiana?
Tidak ada strategi khusus. Jika ide muncul, langsung dituliskan. Tapi terkadang, saat tulisan belum selesai, tegoda dengan ide baru yang diberikan admin Kompasiana berupa topik pilihan.  
Jika tidak menemukan ide, maka jalan yang dilakukan  adalah membaca  berbagai referensi, mengamati lingkungan,  menyaksikan televisi, menghadiri pertunjukan sastra, ngobrol bersama beberapa teman. Dengan cara inilah saya memperkaya ide atau gagasan untuk dituliskan. 

Jujur, saya tidak seperti kompasianer lain yang mempunyai energi  menghasilkan dua sampai lima tulisan sehari.

Dalam proses menulis, energi saya banyak terkuras  pada tahap pengkayaan referensial. Maksudnya memberi bumbu agar informasi yang diberikan menjadi lengkap, tidak setengah-setengah. Tetapi jauh lebih banyak energi terkuras saat memasuki tahap verifikasi atau editing. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline