Lihat ke Halaman Asli

Herry Mardianto

TERVERIFIKASI

Penulis

Bukber Nikmat tak Mencekik Dompet

Diperbarui: 20 April 2023   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjalin silaturahmi/Foto: Hermard

Salah satu tradisi yang berlangsung saat bulan Ramadan adalah bukber alias buka bersama. Bukber bisa dilakukan bersama teman, relasi, keluarga, dan tetangga lingkungan di mana kita tinggal. 

Sebenarnya inti dari buka bersama adalah menjalin silarurahmi. Dalam acara bukber, kita bisa santai, menciptakan keakraban, kebersamaan, dan berbagi pengalaman. Meskipun begitu, bukber dapat menjadi persoalan karena memerlukan anggaran khusus. 

Kebersamaan bukber di kafe/Foto: Hermard

Sebaiknya pada awal ramadan, kita sudah menentukan alokasi anggaran ramadan, termasuk untuk acara bukber. Berikut beberapa kiat bukber yang dapat dilakukan agar tidak mencekik atau menguras uang di dompet. 

Jangan lupa, bukber bisa saja dilakukan di rumah, tidak harus di kafe atau restoran.

Bukber di Rumah

Masak Bersama

Sesekali perlu merencanakan masak bersama teman-teman  pada hari yang disepakati. Dengan begitu, menunya juga dapat disusun bersama.
Acara masak bisa dimulai siang hari, sehingga pas waktu berbuka puasa bisa dinikmati bersama-sama. 

Tentu suasana menjadi seru karena ada pembagian  tugas belanja dan ada pula yang memasak. Bukber cara ini tentu akan mengakrabkan seluruh peserta dan menghemat biaya.

Kado Silang

Alternatif ini bisa dilakukan bersama temen-teman satu komunitas. Bebeberapa menu utama sudah ditetapkan dan akan dibawa beberapa anggota. Sedangkan anggota lainnya dibebaskan membawa berbagai menu tambahan lainnya sebagai kado silang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline