Lihat ke Halaman Asli

Herri Mulyono

Dosen di Perguruan Tinggi Swasta Jakarta

Buku Sekolah Tidak Ramah Perkembangan Anak

Diperbarui: 28 Januari 2016   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Gambar: Dokumen pribadi"][/caption]

Permasalahan dalam sistem pendidikan kita sepertinya sangat kompleks, dan, untuk menyelesaikannya bukanlah perkara mudah dan butuh proses. Seperti permasalahan dalam buku teks yang digunakan siswa dalam aktivitas pembelajaran. Mulai dari 'penyimpangan' konten dengan indikasi redikalisme sampai dengan permasalahan isi yang dianggap tidak sesuai dengan norma dan agama yang berlaku di masyarakat. Saya pernah pernuliskan permasalahan tersebut dalam tulisan saya di kompasiana "Mencermati Materi Pendidikan Kita."

Dalam tulisan ini, saya menyoroti permasalahan buku teks yang digunakan oleh siswa, yang bukan hanya bermasalah dalam hal isiya, tetapi penyajian yang menurut saya tidak ramah dengan proses tumbuh dan kembang anak, baik dalam aspek pengetahuan dan psikologis. Khususnya penyajian materi di kelas-kelas dasar seperti kelas 1 Sekolah Dasar.

Penyajian materi pembelajaran dalam buku teks yang berpotensi menjadi kekerasan psikis terhadap anak ini sungguh sangat disesalkan. Dan yang perlu dikhawatirkan adalah ketika guru juga menyajikan materi pembelajaran seperti yang dipresentasikan oleh penulis buku. Bila benar guru mengadopsi gaya penyajian materi penulis buku, maka, alih-alih membantu perkembangan peserta didik, malah guru justru mendestruksi potensi maju yang dimiliki oleh anak didik mereka.

Piaget dan buku sekolah anak kita

Sebelumnya, mari kita mengenal karakteristik (tumbuh kembang) anak usia 6-7 tahun. Dalam Teori Perkembangan Kognitif Piaget, anak usia 6-7 tahun ini tergolong dalam masa pra-operasional, dengan karakteristik: 1) baru belajar menggunakan bahasa dan mempresentasikan sebuah objek melalui objek ataupun kata-kata. 2) Pola berpikrnya masih egosentrik 'ke-aku-an' sehingga sulit menerima pendapat orang lain, dan sulit mengikuti logika. 3) Mampu mengelompokkan benda dengan menggunakan satu kategori saja (Untuk lengkapnya klik link ini http://www.learningandteaching.info/learning/piaget.htm).

Lalu, mari kita ambil salah satu contoh Matematika Kelas 1 SD terbitan Arya Duta. Kebetulan buku ini dipakai di sekolah anak saya. Asumsi yang saya pakai untuk menilai buku ini adalah dengan latar belakang siswa sebagai berikut:

"Anak kelas 1 baru memasuki pendidikan formal, minim kemampuan baca dan tulis, dan olehkarenanya materi pembelajaran (alphabetikan dan numerik) disajikan sesederhana mungkin."

Gambar satu dan dua diatas diambil dari Buku Matematika SD kelas 1 hal 3-4. Pada gambar 1 diatas, kita lihat tujuan pembelajaran serta peta konsep. Asumsinya ditujukan untuk guru. Sayangnya, tidak ada petunjuk/ instruksi untuk siapa materi tersebut ditujukan, dan penggunaan kata 'marilah kita..' seoah-olah materi tersebut ditujukan untuk murid. Bila benar, apa iya siswa kelas satu harus disajikan materi tentang peta konsep? Jangan jauh-jauh berbicara tentang konsep, tentang alfabet saja banyak dari mereka yang belum mengenal.

Mari kita telusuri halaman 4 seperti pada gambar 2. Sangat tampak dalam halaman tersebut penyajian materi yang tidak sistematis. Siswa belum saja dikenalkan dengan angka-angka, namun kemudian penulis mengajak siswa berhitung, dengan angka yang acak. Bukankah ini menyulitkan siswa?

Belum lagi penulis menggunakan bahasa yang cukup kompleks dalam sajian materi, bukan kata-kata sederhana seperti "Yuk, berhitung!", "Mari berhitung". Dan kita tidak tahu sebenarnya kalimat-kalimat kompleks tersebut ditujukan untuk siapa? Ya memang hal ini timbul karena tidak jelas instruksinya, apakah untuk guru agar dia bercerita tentang Rosi Ali dan Ilham? ataukah siswa yang diminta untuk membaca?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline