Lihat ke Halaman Asli

Herri Mulyono

Dosen di Perguruan Tinggi Swasta Jakarta

Wisata Toilet

Diperbarui: 4 Oktober 2015   06:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Wisata Toilet, Gambar: Dokumen Pribadi dan Alamy.com"][/caption]Sepulang dari menikmati kereta uap di Keighley beberapa waktu yang lalu, kami kembali melanjutkan perjalanan. Kali ini, kami berwisata toilets, di Trinity Leeds. Ingat loh, berwisata toliets, bukan wisata belanja!

Ya, Wisata Toliets! Karena kami benar-benar menikmati toliets di salah satu tempat perbelanjaan itu. Selain melakukan "transaksi tunai" sebagai bagian "kegiatan sehari-hari", Toilets disana benar-benar tempat wisata yang menyenangkan. Tentunya, definisi wisata, bagi saya, adalah segala aktivitas yang menyegarkan fisik dan mental (bathin).

Loh memang di toliets bisa apa saja,.. Jawabannya: Tidak ada yang special. Hanya duduk-duduk bareng anak-anak di toliet keluarga, menemani mereka berhajat ria, memberikan susu adik bayi, mengganti diapers dll. Tidak ada yang special bukan?

Tapi, bukan berarti kalau tidak ada yang special tidak bisa bahagia dan tersenyum loh. Jika teman-teman melihat foto-foto dokumentasi saya diatas (dua saya ambil dari internet), pasti teman-teman punya perasaan yang sama dengan saya, dan.. pasti bisa tersenyum. Toliet untuk penyandang cacat, toliet penyandang cacat dan tuna netra (dengan pendampingnya), ruang khusus ibu menyusui, ruang khusus dan toilet buat adik bayin, toliet keluarga, dan yang terpenting: Silent Room, tempat meditasi (merenung, kontemplasi) yang sering dipakai sebagai tempat sholat. Untuk soal kebersihan dan kenyamanan ruang ibadah ini sudah bisa di jamin loh. Di akhir wisata toliets kami, saya hanya berdoa, semoga yang merencanakan dan mewujudkan toliet-toilet tersebut di berikan barokah oleh Tuhan.

Wah serukan wisata toliets kami!! Jangan lupa berkunjung ya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline