Lihat ke Halaman Asli

Roni Bani

Guru SD

Menjadi Narasumber untuk Penelitian Siswa

Diperbarui: 24 Juli 2024   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana wawancara; Foto: Fr. Fernandez

Pengantar

Sepucuk surat pengangar dari SMP Katolik St. Yoseph Kupang diterimakan kepada saya oleh seorang murid ditemani 3 orang guru dan 3 orang murid lainnya. Surat ini diserahkan dengan diikuti permohonan lisan untuk kesediaan wawancara untuk satu penelitian siswa. Judul penelitian ini Makna Simbolik Tari Rabeka dan Relevansinya di SMPK St. Yoseph.

Selanjutnya, satu paket kecil sirih-pinang diserahkan sebagai cara yang lazim dilakukan masyarakat NTT, Timor khususnya. Tim memberikannya kepada saya. Saya mengambil tempat sirih-pinang dan sebentuk tabung kecil tempat kapur sirih. 

Saya merasa mendapat kehormatan dari salah satu "sekolah favorit" masyarakat Kota Kupang dalam hal ini menjadi narasumber untuk penelitian murid/siswanya. Langkah selanjutnya yang kami lakukan ketika tim ini berada di sekolah (SD Inpres Nekmese) akan saya urai secara sederhana.

Melihat Tarian Rabeka

Dua hari sebelumnya seorang guru telah mengirim kabar melalui pesan WhatsApp, dan kami sepakati untuk bertemu pada Rabu (24/7/24).  Kabar ini saya sampaikan kepada rekan-rekan guru SD Inpres Nekmese, dengan permintaan agar menyiapkan tarian Rabeka.  Senin siang (22/7) sebelum pulang sekolah guru dan beberapa murid yang dipilih sempat berlatih sebisanya. Rabu pagi (24/7) sambil menunggu tim yang akan melakukan wawancara, guru dan murid terpilih berlatih lagi. 

Murid-murid yang dipilih untuk menarikan Rabeka tidak diwajibkan untuk menggunakan properti sebagaimana layaknya tampilan resmi. Mereka cukuplah membawa selendang yang dalam bahasa lokal disebbut po'uk dan tempat sirih-pinang (oko'mama'). 

Moment murid SD I Nekmese menari; foto: Fr. Fernandez 

Dengan iringan lagu Rabeka mereka berlatih dan ketika tim dari SMP Katolik St. Yoseph Kota Kupang melihatnya, mereka membuat video pendek sebaik kemampuan mereka. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah bijak dalam penelitian. Video diperlukan untuk paparan kelak bila diperlukan.

Tiga guru pendamping dan murid/siswa yang melakukan penelitian menyaksikan tarian ini sampai akhir. Selanjutnya mereka membuat foto sebagai kenangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline