Lihat ke Halaman Asli

Roni Bani

Guru SD

Kesan dan Pesan Perpisahan pada Acara Perpisahan SMP Swasta Kristen 1 Amarasi Selatan

Diperbarui: 16 Juni 2024   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Feto' menyampaikan kesan-pesan pada acara perpisahan di sekolah; Foto: Jane Ska'ut-Ndoki

Pagi itu, Feto bersiap-siap ke sekolah. Hari itu, Senin (10/6/24) akan ada acara pengumuman kelulusan di Sekolah Menengah Pertama Swasta Kristen 1 Amarasi Selatan Kabupaten Kupang. Feto mendapat tugas untuk menyampaikan kesan dan pesan mewakili rekan-rekannya dari kelas 7 dan 8. 

"Bapa, ini hari beta yang omong kasi kesan pesan." begitu katanya pada ayahnya.

Ayah dan anak berdiskusi. Diskusi ini menghasilkan satu rangkaian tulisan pendek yang akan dibacakan pada saat acara berlangsung.

Tulisan pendek itu berbunyi demikian:

Yang kami sayangi ibu Pendeta
Ibu kepala sekolah, dan para guru
Orang tua dan pengurus komite
Teman-teman kelas 7 dan 8
Akhirnya, kakak-kakak kelas 9


Salam sejahtera di dalam Yesus Kristus Guru Agung kita bersama. Dari Dia-lah kita memohonkan dan menimba ilmu pengetahuan agar makin berhikmat.

Hari ini kita bersama-sama bersyukur dan bersukacita karena Yesus Kristus Guru Agung kita mengizinkannya. Izin ini diberikan agar kita sadar bahwa ruang pertemuan pasti di baliknya ada perpisahan. Perpisahan itu suatu kepastian. Orang bisa menunda pertemuan, atau bahkan tidak mau bertemu, tapi berpisah itu pastinya adanya.

Kita bertemu guru di sekolah, belajar dan berbagi, tapi waktu belajar selesai kita berpisah. Besoknya boleh jadi ada yang tidak mau ke sekolah karena tidak mau bertemu teman atau guru. Kira-kira begitu kata bapak saya di rumah.

Kemarin saja, di gereja, anggota jemaat mau menangis sejadi-jadinya, tapi harus melepaskan mama pendeta. Mama, pendeta mau menangis seperti apa, mama mesti pergi atas tuntutan tugas. Bapak saya bilang ada tulis di Alkitab, Rasul  Paulus dan jemaat di Efesus menangis waktu berpisah, mereka antar rasul Paulus sampai di pelabuhan. Peluk dan menangis, tapi tidak dapat membatalkan perpisahan.


Hari ini kita juga akan berpisah dengan kakak kakak kelas 9. Kami yang ada di kelas 7 dan 8 mau peluk untuk terakhir atau bersalaman tanda pisah. Kami lepas dengan rasa haru dan menyampaikan pesan pergilah dan raih hari depan dengan belajar lagi di SMA atau SMK di dalam desa kita. Atau ke kota. 

Satu yang pasti kita dipisahkan oleh karena tuntutan waktu belajar yang berakhir dan akan mulai waktu belajar baru.

Akhir kata, salam pisah. Maafkan kami bila kemarin ada yang tidak berkenan. Tuhan Yesus memberkati.

Terima kasih.


NB: kesan-pesan ini disimpan di Kompasiana; 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline