Lihat ke Halaman Asli

Ekonomi Islam

Diperbarui: 22 Desember 2022   07:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekonomi syariah merupakan salah satu jenis sistem ekonomi yang saat ini berkembang di dunia, terutama negara negara dengan mayoritas penduduk muslim. Ekonomi syariah di landaskan sebagai nilai nilai islam yang bersumber dari Al-Quran dan hadist. 

Perkembangan ekonomi islam selama ini di ikuti dengan munculnya pemikiran banyak ahli, khusunya di kalangan muslim mengenai bidang ini.

Ekonomi islam juga kerap di sebut dengan ekonomi syariah. Kedua istilah mempunyai makna yang sama dan hanya berbeda pada makna pemakaian kata. 

Sistem ekonomi syariah merujuk pada aktivitas dalam perekonomian yang berkaitan dengan produksi, distribusi, keuangan, perindustrian dan perdagangan terkait barang dan jasa yang bersifat material dan juga berlandaskan pada syariat islam.

Pada prinsip ekonomi syariah merupakan representasi dari jalan tengah antara sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosialis. Karena itu sistem ekonomi syariah menerapkan dua prinsip kebaikan dari dua sistem ekonomi itu. 

tujuan utama ekonomi syariah (ekonomi islam) selaras dengan tujuan dari penerapan syariat (hukum) agama islam, untuk mencapai tatanan yang baik dan terhormat sehingga menciptakan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dalam hal ini menunjukkan bahwa masalah ekonomi juga dapat menjadi perhatian dalam agama islam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline