Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:
Selama menjadi guru di TK Melati Desa Sadai Kelompok B ditemukan masalah dalam perkembangan kognitif yaitu beberapa anak yang masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan . Hal ini terlihat ketika guru menanyakan lambang bilangan kepada anak sesuai dengan jumlah benda anak tidak bisa menjawab dan sebagian tidak memperhatikan karena lebih asyik bermain dan mengobrol dengan temannya, anak sering berpindah pindah tempat duduk, mengurutkan angka sering terbalik dan tidak merespon apa yang ditanya oleh guru. Beberapa faktor yang menjadi penyebab masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan adalah (1) Media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengenal lambang bilangan kurang menarik anak, (2) Metode dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan inovatif, (3) Dalam proses pembelajaran guru kurang mampu melakukan pendekatan kepada anak.
Praktik ini penting untuk di implementasikan karena:
Karena adanya masalah tersebut, maka solusi yang relevan untuk menyelesaikan masalah masih rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan adalah dengan membuat media pembelajaran "Kantong Angka" dan model pembelajaran project based learning (PjBL), pendekatan saintifik dan metode pembelajaran tanya jawab, diskusi, dan praktek langsung yaitu membuat "Gurita Angka". Melalui pembelajaran dengan media "Kantong Angka" dan model pembelajaran PjBL dengan membuat "Gurita Angka" dapat bermanfaat mengembangkan kemampuan kognitif anak (mengenal lambang bilangan). Selain mengembangkan aspek kognitif anak, juga dapat mengembangkan aspek perkembangan sosial emosional anak, motorik halus, bahasa, norma dan agama serta seni anak. Kegiatan itu juga dapat melatih anak berpikir kritis, mengingat, menalar, mengkomunikasikan sehingga menjadikan pembelajaran yang bermakna bagi anak.
Peran dan tanggung jawab guru dalam praktik ini :
Peran dan tanggungjawab dalam praktik pembelajaran sebagai guru yaitu membuat perangkat pembelajaran yang menarik dan memotivasi anak untuk mengenal lambang bilangan melalui permainan kantong angka dan pembelajaran yang berbasis PjBL, menggunakan pendekatan saintifik,melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran.