Lihat ke Halaman Asli

Mensosialisasikan Teknis Hidroponik pada Lahan Sempit Perkotaan Melalui KKN UNIVET BANTARA

Diperbarui: 29 Agustus 2021   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Wonogiri (29/08/2021) - Pandemi Covid-19 di Indonesia hingga hari ini masih belum juga mereda, bahkan kasusnya semakin hari semakin meningkat. Dengan adanya pandemi seperti ini banyak sektor di masyarakat yang terdampak, salah satunya adalah ekonomi. Banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian yang mereka gunakan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi mahasiswa dalam menunaikan Tri Darma Perguruan Tinggi. Hernanda Satriya Mahasiswa Jurusan Agribisnis Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan KKN Era Covid-19 di Dusun Banaran RT 01 RW 11 Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri selama 45 hari.

Di era pandemi seperti sekarang KKN tidak dapat dilakukan seperti pada umumnya, mahasiswa diharuskan melaksanakan kegiatan KKN secara mandiri di daerah tempat tinggal masing-masing dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam kegiatan KKN terdapat beberapa program kerja yang salah satunya adalah pemberdayaan dan edukasi masyarakat tentang ketahanan pangan dan ekonomi.

Pertama, warga diedukasi dengan mengalkan beberapa jenis benih tanaman hidroponik yang cocok untuk ditanaman dan mudah juga dalam perawatan. 

Kedua, bahan yang yang diperkenalkan adalah ember bekas, sterofoam, netpot, dan rockwool. Mengenalkan bahan-bahan untuk tambahan seperti ABMix dan cara untuk mencampurkan dengan benar. Dengan menggunakan bahan-bahan yang ada dan sudah tidak terpakai lagi, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan Hidroponik.

Dengan edukasi tentang teknis hidroponik pada lahan sempit kepada masyarakat, diharapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat atau setidaknya mempertahankan ketahanan pangan masyarakat sekitar dengan memanfaatkan lahan minim atau ruangan yang ada di rumah masing-masing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline