Lihat ke Halaman Asli

Pilih yang Mana?

Diperbarui: 24 Juni 2015   17:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Perkembangan jaman dan teknologi memang sangat pesat. Kehadiran internet seolah membuat setiap individu tergiur untuk mencicipi kemudahan akses yang ditawarkan. Salah satunya portal berita di dunia maya.

Ada banyak situs-situs berita di internet yang dapat kita pilih untuk menjadi referensi bacaan. Bahkan beberapa situs itu lahir bukan dari kemurniannya sendiri. Apa maksudnya?

Menurut opini saya, beberapa media mainstream baik nasional maupun lokal serta cetak maupun broadcast yang tidak ingin kehilangan pamornya, mulai menambahkan embel-embel dotcom setelah nama lembaga mereka. Tetapi ternyata ada juga situs-situs berita di internet yang justru lahir karena kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat, singkat, dan mudah dipahami (misalnya okezone.com, detik.com).

Web Berita Koran

Jika kita melihat dan mengkaji dengan menggunakan teori dari Paul Bradshaw, ada 5 prinsip dasar dalam jurnalisme online. Di sini kita akan melihat bagaimana kompas.com melalui prinsip tersebut.

Untuk membandingkan, coba kita lihat konten berita yang sama antara kompas.com dan detik.com. Dari segi keringkasan beritanya, kompas.com yang notabene adalah anak dari SKH Kompas justru tidak terlalu ringkas beritanya. Bahkan di beritanya masih terbawa sifat-sifat dari indukannya, yaitu lebih panjang dan mendetail.

Didukung dengan teknologi yang banyak (teks, video, microblogging, dan lain-lain), ternyata kompas.com menjadi mudah dicerna dan sangat interaktif. Walaupun dari segi penggunaan bahasa dalam beritanya masih sedikit kaku dan formal.

Pengguna juga dimanjakan dengan adanya video yang tentunya bermanfaat untuk menambah kefaktualan berita. Selain itu, tidak susah bagi pengguna untuk mencari dan menemukan konten-konten berita.

Web Berita Online

Serupa tapi tak sama, itulah yang sebenarnya menjadi pembeda antara web berita online dengan web berita koran. Berita yang ditampilkan ternyata lebih ringkas dan tidak terlalu formal dalam penggunaan bahasanya.

Walaupun teknologi dan segala aspek pendukungnya hampir sama, ternyata pemilihan diksi atau katanya lebih mudah dicerna dan dimengerti. Adanya video juga sama-sama mendukung keakuratan dan kelengkapan berita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline