Lihat ke Halaman Asli

Hermelius

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Biografi Singkat Elon Musk: Sosok Miliarder Jenius di Balik Tesla dan SpaceX

Diperbarui: 17 April 2021   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Elon Musk

Elon Musk adalah seorang miliarder, pengusaha, dan ayah dari enam anak. Bagi banyak orang, dia adalah seorang visioner dan sumber inspirasi. Tetapi dari mana asal Elon Musk? Apa ceritanya? Bagaimana seseorang yang sering dibuli di sekolah bisa menjadi salah satu miliarder penguasa teknologi dunia?

Yogyakarta - Elon Reeve Musk lahir di Pretoria Afrika Selatan pada 28 Juni 1971. Ibunya Maye Musk adalah seorang model dan ayahnya Errol Musk seorang insinyur, pilot serta pelaut. Elon Musk memiliki dua orang adik, yang laki-laki bernama Kimbal Musk dan yang perempuan bernama Tosca Musk.

Sejak masih kecil Elon Musk adalah seorang kutu buku yang konon katannya pada usia 9 tahun dia telah habis membaca semua buku Encyclopedia Britannica serta karya-karya klasik seperti The Lord of The Rings buatan J.J.R Tolkien.

Sedari masih di sekolah dasar Elon Musk telah menyukai hal-hal yang berhubungan tentang roket. Beruntung pengasuhnya pada masa itu tidak melarang kegiatannya merkipun sebenarnya itu adalah kegiatan berbahaya kata Elon Musk.

Ketika berusia 10 tahun orang tua Elon Musk bercerai. Elon memutuskan untuk ikut dengan ayahnya yang pada akhirnya menjadi penyesalannya. Elon Musk memiliki banyak masalah di rumah dan di luar rumah, bahkan menurut adiknya Kimbal, Elon Musk semasa di sekolah dasar telah menjadi korban bullying.

Pada usia 12 tahun dari kertertarikannya terhadap komputer, Elon Musk berhasil membuat game bertema luar angkasa bernama "Blastar" yang kemudian dibeli oleh penerbit seharga US$ 500.

Beranjak usia 17 tahun Elon Musk berangkat untuk kuliah ke Canada meski tanpa persetujuan ayahnya, disana dia tinggal selama 3 tahun hingga pada akhirnya pidah ke Amerika Serikat.

Tahun 1992 Elon Musk memulai kuliah Bisnis dan Fisika di Pennsylvania, lalu dia pergi ke Stanford University di Kalifornia untuk belajar Fisika dan Energi. Tetapi baru kuliah selama dua hari dia berhenti untuk merintis perusahaan pertamanya "Zip2".

Perusahaan pertamanya itu didirikan pada tahun 1995 bersama adiknya Kimbal dan beberapa partner lain. Mereka membuat software peta navigasi untuk kota-kota. Empat tahun kemudian Elon Musk menjadi seorang miliuner setelah menjual Zip2 seharga US$ 307 juta secara tunai dan US$ 34 juta dalam bentuk opsi saham pada tahun 1999.

Kekayaannya pada tahun 2021 ditafsir mencapai US$ 151 miliar, menjadikan Elon Musk sebagai orang terkaya dunia saat ini. Hal ini terjadi karena Elon sangat gentar medirikan perusahaan antara lain seperti SpaceX, Tesla, dan PayPal.

Elon Musk punya  tujuh anak laki-laki, enam anak dari istri pertamannya namun sayangnya anak pertamannya meninggal. Satu anak lagi dari istrinya yang sekarang Grimes (Claire Boucher) seorang pemusik eksentrik Canada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline