Pada jurnal dwi mingguan modul 1.3 kali ini, saya akan mencoba menulis jurnal saya dengan model gaya Round Robin. Model ini merupakan model penulisan refleksi dengan dengan dipandu pertanyaan :
- Apa yang paling anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa anda merasa hal tersebut bisa membuat anda sangat menguasainya ?
- Apa hal yang belum anda kuasai setelah pembelajaran hari ini ? Apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?
- Apa hal yang masih membingungkan anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan?
Pada Modul 1.3 membahas mengenai Visi Guru Penggerak. Kita sebagai guru penggerak harus memiliki tujuan dan harapan kedepan, seperti apa impian kita yang kita harapkan dan ingin kita wujudkan terhadap anak didik kita dan sekolah kita di masa depan. Pda modlu ini juga kami telah mempelajari 1.3.a.3. Mulai dari Diri - Modul 1.3, disini kami mengekpresikan imajinasi kami tentang gambaran murid dan sekolah masa depan dan menyusun visi untuk mewujudkan impian masa depan kami tersebut. Pada 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3, kami diskusi mandiri secara virtual membahas tentang visi guru penggerak dan memahami langkah-langkah menyusun prakarsa perubahan dengan menggunakan Inquiri Apresiatif dengan metode ATAP dan BAGJA. Dalam memperjelas gambar mental prakarsa perubahan yang ingin kita susun, kita akan belajar menggunakan sebuah alat bantu yang kita sebut A-T-A-P yang kepanjangannya adalah:
A - Aset/Awal: kekuatan/aset/modal/potensi sekolah/murid/komunitas yang teridentifikasi dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran murid.
T - Tantangan: tantangan/keresahan yang perlu dilampaui demi mewujudkan harapan atau mencapai visi. Dalam menuliskan tantangan, kita dapat menangkap masalah atau keterbatasan yang dihadapi dalam sebuah pernyataan, lalu kita mengubahnya menjadi pernyataan tantangan
A - Aksi: kontribusi individu pendidik yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan harapan atau mencapai visi.
P - Pembelajaran: pembelajaran bermakna atau adab-kebiasaan yang diharapkan tumbuh dan melekat, serta dibawa murid hingga dewasa, merupakan turunan konkret dari Profil Pelajar Pancasila sesuai konteks (diolah dari kata/frasa yang ada di elemen/sub-elemen dimensinya).
Sedangkan BAGJA merupakan B "Buat Pertanyaan". membuat pertanyaan pemantik sehingga saya menemukan kemana arah yang akan saya tuju. A "Ambil Pelajaran", disini saya memahami pelajaran apa yang bisa saya simpulkan sehingga menjadi suatu makna yang dapat menggali potensi dalam mewujudkan visi tersebut. G " Gali Mimpi" diproses ini mulai mendeskrisikan impian yang akan dilakukan, potensi dan kekuatan apa yang akan saya angankan. J"Jabarkan rencana, pada tahap ini, saya mulai untuk menyusun rencana-rencana apa yang akan dilakukan guna mewujudkan visi tersebut. Terakhir A "Atur Eksekusi", disini mulai menerapkan dan nejdwalkan apa yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi saya tersebut.
Setelahnya kami mengikuti Ruang Kolaborasi, kami berkelompok menyusun suatu prakarsa perubahan yang kami sepakati bersama sebagai guru penggerak, yang akan kami presentasikan pada ruang kolaborasi presentasi kelompok besar.
Pada 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3, kami diminta untuk menguatkan kembali prakarsa perubahan yang telah kami buat dan mengimplementasikannya dikelas/sekolah kami
Mengikuti kegiatan pemahaman elaborasi bersama CGP lain dipandu oleh Instruktur. Pada bagian ini merupakan penguatan terhadap pemahaman kami mengenai materi modul 1.3.