Lihat ke Halaman Asli

herman hurit

Hermanus Ehe Hurit

Donor Darah Apoteker Jakarta Barat untuk Sesama

Diperbarui: 27 Maret 2022   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

SELAMATKAN JIWA, SEHATKAN RAGA.....

PEDULI SESAMA,IKATAN APOTEKER INDONESIA (IAI) JAKARTA BARAT

Kegiatan Donor Darah yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jakarta Barat pada tanggal 26 Maret 2022 merupakan agenda rutin dari Bidang II yaitu Optimalisasi Praktik Profesi dan Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan Donor kali adalah yang ketiga kali dari kepengurusan yang sekarang berlangsung. 

Pertama dilakukan di bulan Oktober 2021, yang kedua di tanggal 15 Januari 2022. Kegiatan ini juga disepakati menjadi program kerja BidangII untuk terus dilakukan secara rutin minimal setiap 60 hari, dan rencananya batch keempat nanti akan diadakan di ulan Juni 2022.

Kegiatan Donor darah ini bertujuan untuk membangun nilai kepedulian kepada sesama dari anggota IAI Cabang Jakbar. Selain nilai ini tentunya sisi positif lain sangat bermanfaatbagi pendonor, antara lain: menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko kanker, menurunkan berat badan, dan meningkatkan produksi sel darah merah. 

Namun yang paling diharapkan dari pendonor khususnya anggota IAI adalah mendapatkan SKP Pengabdian Masyarakat yang harus dikumpulkan oleh Apoteker sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi untuk mendapatkan STRA (Surat Tanda Registrasi Apoteker) yang merupakan syarat untuk pengurusan Surat Ijin Praktik Apoteker (SIPA). 

Pengurus IAI Jakbar menjawab permasalahan dari anggota IAI yang mengalami kekurangan SKP Pengmas ketika masa berakhirnya Serkom atau STRA. Sebenarnya SKP Pengmas ini bisa diperoleh melalui banyak cara, seperti melakukan edukasi dalam penggunaan obat  kepada masyarakat, keterlibatan dalam baksi sosial kesehatan, melakukan home care dll, yang tentunya disertakan dengan dokumentasi kegiatan. 

Prosesnya memang agak panjang, yakni harus mengajkan kepada Pengurus untuk diverifikasi agar mendapatkan SKP Pengmas. Namun pada kondisi sekarang, dimana terjadi pandemi Covid-19 (endemi), banyak anggota IAI yang enggan melakuan kegiatan Pengmas tersebut karena masih dianggap beresiko terhadap penularan Covid-19.

Suatu penghargaan kepada anggota yang bersedia dan memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya, maka Pengurus Cabang IAI Jakbar memfasilitasi anggota IAI Jakbar secara khusus dan seluruh anggota IAI seIndonesia secara umum untuk mendapatkan 3 SKP Pengabdian kepada Masyarakat untuk sekali terlibat dalam mendonorkan darahnya. 

Total SKP Pengmas yang dikumpulkan oleh seorang Apoteker seama 5 tahun minimal 12 SKP, maka jika menjadi pendonor secara rutin selama setahun saja sudah bisa mencukupi SKP Pengmas selama 5 tahun kedepan. Jika ada kemudahan yang sudah ditawarkan seperti ini, maka diharapkan bagi seluruh anggota IAI khususnya di Jakbar agar ikut berpartisipasi secara aktif.

Pelaksanaan Donor Darah kali ini dibuka oleh Kepala Cabang PMI  Jakarta Barat, Bapak Beki Mardani. Dalam sambutannya beliau sangat mendukung kerja sama dalam kegiatan rutin yang dilakukan oleh IAI Jakbar. Kebutuhan darah di Jakbar sendiri dalam sehari antar 100 - 1000 kantong darah, namun stok yang tersedia masih jauh dari harapan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline