Lihat ke Halaman Asli

Petualangan Fasilitator

Diperbarui: 18 Juni 2015   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1405607303472634542

Sejak tanggal 07 Juli 2014 saya di tempatkan dilokasi tugas yang baru. Semula di Kecamatan Japara sekarang di Kecamatan Cigandamekar. Keduanya masih di kabupaten Kuningan. Ini merupakan pengalaman lokasi tugas ke empat sejak saya menjadi fasilitator di PNPM Mandiri Perdesaan. Saya bergabung di program ini pertanggal 30 juli 2007. Tak terasa tahun 2014 adalah tahun ke tujuh saya menjadi fasilitator.

Spesifikasi saya dibidang teknik. Di PNPM Mandiri Perdesaan tugas saya adalah mengawal BLM untuk pembangunan infrastruktur. Tentunya yang strategis dan prioritas. Dengan prinsip partisifatip sebagai fasilitator teknik saya harus memastikan infrastruktur yang dibangun menjawab persoalan masyarakat. Saya bangga selama tujuh tahun telah berhasil memfasilitasi berbagai usulan.

Di Kecamatan Cipicung saya memfasilitasi gedung posyandu,poskesdes,jembatan, perkerasan jalan, air bersih, saluran irigasi. Di kecamatan Japara saya memfasilitasi gedung polindes, rumah bidan, perkerasan jalan, saluran irigasi, bendung sederhana, gedung PAUD, gedung madrasah. Dikecamatan Cigandamekar saya memfasilitasi jembatan, gedung PAUD, perkerasan jalan, Saluran irigasi.

Bagi saya kepuasan bukan terletak pada keberhasilan membangun infrastruktur tersebut. Akan tetapi lebih pada gotong royong masyarakat yang muncul dalam pembangunannya. Saya lihat masyarakat desa baik di Cipicung, japara dan Cigandamekar selalu bersemangat dalam gotong royong. Tak hanya sumbangan uang dan tenaga tetapi juga makanan minuman. Yang pasti PNPM Mandiri Perdesaan berhasil menumbuhkan semangat kebersamaan.

Itulah yang menjadi kesan tak terlupakan selama saya menjadi fasilitator teknik. Saya berharap kebersamaan dan gotong royong yang terbangun ditengah masyarakat tidak punah kedepannya. Sebab warisan terbesar fasilitasi PNPM adalah semangat bisa karena bersama. Salam kompak




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline