Lihat ke Halaman Asli

Mengulas Tentang Mikologi

Diperbarui: 23 November 2020   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Assalamualaikum wr. wb temen-temen gimana kabarnya? Semoga sehat selalu yaa. 

Nah kali ini si penulis update tentang  materi Mikologi, yah Mikologi ini suatu materi kuliah yang berhubungan dengan Program Studi Analis Kesehatan Atau ATLM. Emm sebelumnya kalian tau gaa apa itu Analis Kesehatan? Baiklah penulis akan sedikit menjelaskan tentang Program Studi Analis kesehatan, kebetulan penulis mengambil Program Studi Analis kesehatan di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Jawa Timur. Ok lanjut..

Analis kesehatan adalah suatu profesi yang berkerja dalam lingkup laboratorium yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan, pengukuran, penetapaan, dari suatu sampel pasien. Pada Program Studi Analis Kesehatan ini kita dapat memeriksa jenis-jenis cairan yang ada di dalam tubuh manusia, seperti urine, sputum,sperma,darah, dan lain-lain. Dan kita juga dapat mengetahui bentuk bentuk  organisme yang berukuran sangat kecil atau berukuran mikro. Menurut penulis Analis Kesehatan ini cukup menantang karena kita juga harus teliti terhadap sampel dan  kita menjadi tau yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Cukup sekian dari penjelasan tentang Analis Kesehatan. Nah, selanjutnya mari kita membahas tentang mikologi ya temen-temen:).

"Apasih mikologi itu"? Mikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang Jamur. Ahli Botani dari bangsa Italia yang bernama Piar Antonio Micheli adalah yang merintis ilmu tentang jamur dan mengarang sebuah buku yang berjudul Nova Plantarum Genera pada tahun 1729. 

Ciri-ciri Jamur ada 8, sebagai berikut:

1. Organismenya  berbentuk talus atau seperti payung

2. Mempunyai inti sejati

3. Mempunyai dinding sel

4. Terdapat selulosa atau kitin

5. Tidak berklorofil

6. Berspora

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline