Lihat ke Halaman Asli

Heriyanto Rantelino

TERVERIFIKASI

Pemuda Papua Yang Menikmati Petualangan sebagai ASN Sekretariat Daerah Di Belitung Timur

Keindonesianku Semakin Berkobar di Kawasan Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea

Diperbarui: 8 Juli 2019   18:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Depan Patung Pancasila di Kawasan Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea. Dok:Pribadi

Kebanggaanku menjadi Bangsa Indonesia semakin berkobar kala saya mengunjungi kawasan perbatasan antara Indonesia dan Papua New Guinea (PNG). Tampak perbedaan yang signifikan antara pembangunan di kawasan perbatasan ini.

Saat itu saya berada di Kota Jayapura untuk mengikuti serangkaian tes CPNS di lingkup Kementrian Perhubungan. Nah, setelah mengikuti tes, teman saya yang juga ikut tes, menawarkan saya untuk jalan-jalan. Salah satu tempat yang menjadi tujuan destinasinya adalah kawasan Skouw,kawasan perbatasan Indonesia-Papua New Guinea (PNG).

Dalam benak saya, pasti medan menuju kawasan tersebut tidak mulus, tidak beraspal, kawasan berbatu-batu, dan jurang kiri kanan. Namanya juga perbatasan, pasti kurang diperhatikan. Namun kenyataan berkata lain, sepanjang perjalanan kesana tidak mengalami kendala. Jalanan ke sana sudah beraspal ternyata.  Kami menempuh perjalanan sekitar 1 jam lebih dari kawasan Kota  Jayapura menuju Desa Skouw, Distrik (Kecamatan) Muara Tami. Disepanjang perjalanan, kita akan melewati lebatnya hutan rimba.

Tiba di Kawasan Perbatasan

Proses masuk ke kawasan perbatasan ini cukup mudah loh. Cukup menunjukkan KTP sembari  meminta  ijin ke aparat yang bertugas di Check Point Pos Batas Lintas Negara (PBLN) Skouw.Terlihat megahnya  gedung PLBN Terpadu  yang  dibalut dengan kaca. Tak hanya itu didalam bangunannya ada alat pendeteksi dan ultra X-Ray yang harus dilewati pengunjung demi keamanan.

Ada dua spot foto paling populer di tempat ini. Spot pertama  yaitu bagian depan bangunan PLBN yang mana disitu terdapat tulisan SKOUW, Border Post of Republic Of Indonesia, yang tingginya kurang kebih satu kali setengah meter. Spot kedua adalah foto di depan patung Garuda Pancasila raksasa berukuran sekitar 2,5 x 1,5 meter.

Berfoto di Depan Tulisan Skouw. Dok:Pribadi

Berfoto di depan Patung Pancasila. Dok:Pribadi

Berfoto di Dalam Gedung Imigrasi. Dok:Pribadi

20181103-094150-5d2291550d823054bb2e438d.jpg

Membandingkan Kawasan Perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline