Lihat ke Halaman Asli

Heriyanto Rantelino

TERVERIFIKASI

Pemuda Papua Yang Menikmati Petualangan sebagai ASN Sekretariat Daerah Di Belitung Timur

Fakta Unik dari Kabupaten Mimika, Provinsi Papua

Diperbarui: 15 Oktober 2018   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peta Kabupaten Mimika. Sumber: Pemprov Papua

Saya memberanikan diri merantau dari Sulawesi Selatan menuju ke salah satu Kabupaten di Provinsi Papua yaitu Kabupaten Mimika. Daerah ini merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal dari Pulau Cendrawasih karena disinilah berdiri salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia yaitu PT Freeport. 

Ada berbagai hal yanng baru dan unik yang saya jumpai di daerah yang saat ini dipimpin oleh Bapak Eltinus Omaleng baik itu dari topografi wilayah, kehidupan sosial, tradisi dan kebudayaan dan masih banyak lagi. Wilayah ini bisa menjadi n miniatur yang menggambarkan kehidupan di Papua. Oh ya, apa teman-teman mau tahu apa saja sesuatu yang unik, baru dan asing yang saya temukan di sini, berikut saya uraikan satu persatu

1. Bagi masyarakat setempat, hewan babi  dianggap sebagai simbol perdamaian. ketika hendak mendamaikan suatu konflik baik itu konflik antar keluarga ataupun suku, maka ada beberapa babi yang  dikorbankan. Melihat peluang ini,  beberapa warga beternak  babi dan pada kenyataannya mereka mendapatkan keuntungan yang lumayan untuk menghidupi keluarganya.

2. Dalam bahasa daerah Kamoro, Mimika berarti sungai yang meluap. Mungkin hal ini pulalah yang melatarbelakangi sehingga Kabupaten Mimika dijuluki   “Negeri di Atas Sungai” karena memiliki kurang lebih 94 Daerah Aliran Sungai (DAS).  Kabupaten ini juga dijuluki  Kota Dollar karena keberadaan perusahaan asing Freeport dimana para pekerja tambang di tempat ini mendapatkan gaji hingga puluhan juta perbulan.

Daerah Aliran Sungai di Mimika. Sumber: USAID IFACS

3. Kota Timika menjadi simbol utama dari Kabupaten Mimika karena segala yang berkaitan dengan perekonomian, pendidikan, kesehatan dan sebagainya berkumpul dan bersumber pada kota Timika. Nama Timika atau Mimika juga sangat populer, lantaran di wilayah pegunungan Papua ini beroperasi salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia asal Amerika Serikat, yaitu Freeport Mc Moran Copper and Gold Inc. 

Melalui PT Freeport Indonesia, selama puluhan tahun mereka telah melakukan penambangan terhadap biji tembaga, emas dan perak. Kompleks tambang di Grasberg yang berada di jantung wilayah mineral merupakan salah satu penghasil tunggal tembaga dan emas terbesar di dunia, juga mengandung cadangan tembaga dan emas terbesar di dunia. 

Berdasarkan sejumlah data resmi, Mimika tergolong kabupaten yang cukup beruntung. Bahkan, Mimika termasuk kabupaten yang makmur dibandingkan puluhan atau ratusan Kabupaten atau kota lainnya di Indonesia.

Freeport Indonesia. Sumber:Merdeka.com

4. Tak perlu khawatir akan harga barang yang ada disini karena setelah saya melakukan survei pasar kecil-kecilan , Harga barang tak jauh beda dengan harga barang-barang di Kota Makassar semisal saja HP Asus Zenfone3 Max di Makassar harganya Rp. 2,4 juta (Harga Erafone) dan di Mimika hanya terpaut 50-100ribu saja yaitu sekitar 2,45juta  sampai 2,5 juta (harga Deltafone dan Cahaya Cell). Harga Tolak Angin di Mimika seharga 3 ribu, harga gula merek Gulaku ukuran setengah kilo seharga 11ribu. Harganya tak mahal-mahal amat karena kemungkinan biaya ongkos transportasi logistik cukup murah utamanya distibusi  dari petikemas dari Pelabuhan Pomako yang letaknya cukup dekat dengan kota Timika

5. Jika didaerah lain subsidi minyak tanah sudah dicabut, lain halnya di Kabupaten Mimika dimana harganya di tingkat agen mulai dari  Rp. 5.500. Namun karena keterbatasan pasokan minyak tanah maka hanya pemegang kartu subsidi yang mendapatkannya  dengan jatah maksimal  10 liter/ keluarga

6. Mimika tak sunyi-sunyi amat sih karena kita masih bisa menjumpai pusat pembelanjaan modern semisal Sharon Mart, Diana dan Kokarfi. Yang patut teman-teman ketahui disini tak ada Alfamart dan Indomaret ya.

7. Di daerah ini keberadaan Polisi, TNI, Dishub dan Satpol PP mendapat tempat di hati masyarakat. Dedikasi dan pengabdian mereka dalam menciptakan perdamaian dan kelancaran membuat mereka dihargai keberadaannya. Tak jarang kita melihat empat instansi ini bersinergi dalam melakukan pengamanan suatu kegiatan utamanya kegiatan pemerintahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline