Lihat ke Halaman Asli

Heriyanto Rantelino

TERVERIFIKASI

Pemuda Papua Yang Menikmati Petualangan sebagai ASN Sekretariat Daerah Di Belitung Timur

Secarik Harapanku Buat Pak Dahlan Iskan

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1387683606328319858

[caption id="attachment_300445" align="aligncenter" width="500" caption="Doc by:Gobaksodor interactive"][/caption]

Bagi saya, pak Dahlan Iskan adalah pemimpin yang visioner, berpihak pada rakyat dan berani melakukan terobosan pada siginifikan tanpa terpengaruh dengan cibiran segelintir orang. Besar harapan saya kepada Bapak Dahlan Iskan untuk menuntaskan ketidakberesan BUMN-BUMN yang berstatus “WARNING”.Adapun ketidakberesan yang patut diselesaikan pak Dahlan Iskan dari kacamata seorang pemuda Indonesia yaitu:

1.Melakukan monitoring setiap bulan kepada para pimpinan-pimpinan BUMN. Diharapkan para Direktur Utama BUMN tersebut melakukan pelaporan setiap bulannya kepada pak Dahlan Iskan mengenai kemajuan, terobosan, perencanaan kedepan yang akan dilakukan. Nantinya pak Dahlan Iskan menilai apakah tindakan pimpinan tersebut sudah baik atau buruk. Jika buruk, maka Pak Dahlan Iskan melakukan teguran pertama. Dan jika teguran pertama tidak diindahkan maka pimpinan tersebut dimutasi dan diberikan kepada orang-orang yang berkompeten.

2.Melakukan uji kelayakan kepada calon pemimpin BUMN dengan memperhatikan track recordnya, rencana strategisnya kedepan, meminta masukan kepada rekan-rekan sejawat orang itu apakah layak atau tidak, dan yang paling penting adalah calon pimpinan tersebut berani menandatangani pakta integritasnya untuk bersikap bersih, jujur, anti korupsi dan bijaksana. Jika dikemudian hari, dia terbukti melakukan tindakan melenceng maka konsekuensinya adalah semua gaji yang pernah dia terima harus dikembalikan. Mudah-mudahan dengan langkah ini, calon pimpinantersebut berpikir ulang jika hendak melakukan praktik kecurangan.

3.Melakukan terobosan dalam lingkup BUMN untuk melakukan transparansi kinerja setiap BUMN kepada publik dengan menyediakan majalah khusus ataukah website khusus yang memuat segala kinerja BUMN tersebut mulai dari anggaran keuangan BUMN tersebut, perencanaan kerja kedepan, keberhasilan BUMN tersebut, layanan keluhan menyangkut kinerja BUMN tersebut. Dengan hal ini maka seolah-olah rakyat dilibatkan dalam melakukan pengawasan terhadap BUMN. Mengurangi kecurigaan rakyat mengenai praktek korupsi dalam tubuh BUMN, rakyat mengetahui rancangan BUMN, bahkan rakyat bisa memberikan masukan mengenai langkah stategis tersebut. Intinya tranparansi kinerja sangat dibutuhkan rakyat saat ini sehingga masyarakat bisa percaya akan langkah BUMN tersebut

4.Sebagai mahasiswa Teknik Perkapalan Unhas,Makassar, saya tertarik dengan langkah pak Dahlan yang Ingin menyehatkan salah satu BUMN di Makassar yaitu PT. Industri Kapal Indonesia ( PT. IKI) yang saat ini sedang “sakit”.Dibutuhkan perhatian lebih dan terobosan signifikan pada perusahaan ini mengingatPT. IKI satu-satunya perusahaan galangan kapal di kawasan Timur Indonesia. Jika nantinya perusahaan ini “jatuh” maka dampaknya sangat besar terutama bagi masyarakat sekitar dan investor yang ingin masuk ke Sulawesi Selatan. Adapun saran saya yaitu mengganti peralatan-peralatan yang sudah tua di BUMN ini dengan peralatan yang lebih baru yang menggunakan teknologi modern, melakukan pembenahan di bidang tata kelolanya dan diberikan kewenangan untuk melakukan ekspansi sehingga nantinya kinerja BUMN ini cepat, efisien dan memuaskan para penggunanya

5.Terobosan keempat ini lebih mengarah ke personal bapak Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN. Seperti halnya buku pak Dahlan Iskan yang berjudul Dua Tangis dan Ribuan Tawa yang merupakan curhatan pak Dahlan Iskan semasa dahulu, sayaberharap pak Dahlan Iskan menuliskan buku mengenai curhatan beliau mengenai pengalaman semasa menjabat menteri BUMN mulai dari pengalaman suka dan duka beliau semasa menjabat, tindakan strategis yang beliau lakukan selama ini, rancangan kedepan, keberhasilan yang pernah dilakukan dan tips menjadi pemimpin yang unggul, bertanggungajawab, bersih, tegas dan punya keberpihakan pada rakyat. Hal ini sangat penting terutama bagi kami generasi muda untuk menebarkan spirit melakukan kemajuan bagi bangsa dan negara.

Harapan terakhir saya yaitu agar Pak Dahlan Iskan tak jemu-jemu melakukan terobosan dalam lingkup BUMN, menyebarkan spirit dan motivasi kepada kaum muda dan selalu berpihak pada rakyat. Semoga suatu saat saya bisa menyapa dan berdiskusi lebih dekat lagi dengan beliau mengingat sudah dua kali hendak mendekati beliau tapi terhalang dengan petugas pengamanan yang agak kasar. Selain itu, saya juga berterima kasih buat Pak Joko Intarto yang tak kenal lelah menyebarkan informasi mengenai segala kegiatan pak Dahlan Iskan. Semoga bapak Dahlan dan Pak Joko diberikan kesehatan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan segala aktivitasnya.

Salam damai dari kami, mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar, Heriyanto Rantelino.Facebook:   Heriyanto Rantelino Twitter: @Ryan_Nebula No : 085242441580

13875583981815556132




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline