Lihat ke Halaman Asli

Heriyani Wedya Astuti

SMA Negeri 1 Sungailiat

Jurnal Dwimingguan Modul 1.4 Budaya Positif

Diperbarui: 12 Agustus 2024   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

lokakarya2, dokumentasi pribadi

jurnal dwingguan modul 1.4 Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

Assalamualaikum Wr.Wb 

Saya akan menuliskan jurnal dwingguan saya pada modul 1.4 mengenai budaya positif di akun kompasiana saya dengan menggunakan model 4f. 

Sekarang saya sudah memasuki modul 1.4 setelah menyelesaikan modul 1.3 mengenai Visi guru penggerak . di modul 1.4 ini di mulai dari tanggal 10 juli 2024 dengan kegiatan mulai diri dan eksplorasi konsep. di modul 1.4 ini saya mempelajari tentang : disiplin positif dan nilai kebajikan universal, kebutuhan dasar manusia, teori motivasi, hukuman dan penghargaan serta restitusi, posisi kontrol guru dan segitiga restitusi. setelah eksplorasi konsep kami melaksanaakan ruang kolaborasi yang di dampingi oleh fasilitator Pak Ali Nur Raekan dan pengajar praktik Novi Miranti. di ruang kolaborasi kami dibagi menjadi 4 kelompok. saya mendapatkan kelompok 3 yang beranggotakan 3 orang : Pak Komaruddin dan Bu Selvia serta saya sendiri. disini kami berdiskusi mengenai kasus 3 yang sudah dibagikan oleh fasilitator. setelah berdiskusi kami mempresentasikan hasil kami kepada kelompok lain. setelah ruang kolaborasi saya juga membuat video untuk tugas demontrasi kontektual selanjutnya melaksanakan lokakarya 2 di SMAN 1 Pemali pada hari sabtu tanggal 10 agustus 2024. di lokakarya 2 kelompok PP ibu Novi Miranti di gabungkan dengan kelompok Pak irfan dan kelompok ibu Tcik Ani. tanggal 12 agustus kami akan melaksanakan ruang elaborasi. 

 Perasaan yang saya rasakan sangat senang dan bahagia sekali untuk modul 1.4 karena banyak hal-hal baru yang saya pelajari dan saya dapatkan di modul ini. apalagi bagian keyakinan kelas dan penerapan segitiga restitusi. di modul ini saya merasa penerapan segitiga restitusi baik untuk dilakukan disekolah, dimana pada segitiga restitusi peserta didik diajarkan untuk belajar bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukannya. 

banyak pembelajaran yang saya dapatkan di modul 1.4 ini. apalagi bagian posisi kontrol guru. ternyata saya selama ini sudah menajalani posisi kontrol saya sebagai guru. posisi kontrol yang selama ini saya jalani yaitu lebih ke bagian teman, pemantau dan penghukum saja. setelah mempelajari modul ini saya harus berusaha mencapi posisi kontrol saya sebagai manager. dimana posisi  sebagai manager  adalah posisi di mana guru berbuat sesuatu bersama dengan murid, mempersilakan murid mempertanggungjawabkan perilakunya, mendukung murid agar dapat menemukan solusi atas permasalahannya sendiri. 

Untuk kedepannya dari modul 1.4 ini saya akan lebih menerapkan segitiga restitusi dalam menyelesaikan permasalahan. jangan memberikan hukuman yang berlebihan kepada peserta didik. kita harus perlu mengetahui alasannya terlebih dahulu mengapa mereka berbuat kesalahan. jangan langsung mejudge seseorang karna apa yang kita lihat saja. dan di dalam permasalahannya saya sebagia guru untuk lebih menuntun peserta didik untuk menyadarkan perbuatannya dan bertanggung jawab dengan apa yang sudah mereka lakukan bukan malah menuntut mereka dengan apa yang telah mereka lakukan. semoga saya menjadi guru yang lebih baik lagi. 

salam dan bahagia guru-guru hebat 

salam guru penggerak 

tergerak, bergerak dan menggerakan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline