Lihat ke Halaman Asli

Heriyani Wedya Astuti

SMA Negeri 1 Sungailiat

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

Diperbarui: 10 Juli 2024   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumentasi Ruang Kolaborasi 1.2)

Assalamualikum Wr. Wb 

Salam Guru Penggerak

Saya Heriyani Wedya Astuti dari SMA Negeri 1 Sungailiat, CGP angkatan 11 Kb. Bangka. disini saya ingin menuliskan jurnal refleksi dwi mingguan untuk modul 1.2

02 Juli 2024 saya memulai Paket modul 1 : Modul 1.2. di mulai dari diri dan eksplorasi konsep madiri. saya memulai untuk membaca modul 1.2. kemudia keesokan hatinya kami mengadakan eksplorasi konsep dengan melakukan forum diskusi bersama kelompok di zoom meeting pada pukul 14.00 wib. kami mempelajari mengenai perumpamaan otak 3-in-1 ( TRIUNE) manusia mengguanakan tangan, kemudian mempelajarai lima kebutuhan dasar pada manusia, wiraga -wirama KHD, tahap perkembangan psikososialErik Erikson, Aksioma terkait pilihan, profil pelajar pancasila, nilai-nilai guru penggerak serta peran guru penggerak. banyak sekali yang dapt kami pelajari dari modul ini.

Perasaan saya sangat senang dan bersyukur dengan adanya modul ini. banyak yang belum saya ketahui mengenai materi-materi yang ada di dalam modul ini. terutama nilai-nilai dan peran guru penggerak. sebenarnya semua hal yang ada di nilai dan peranan guru penggerak sudah saya lakukan, tapi tidak kontinue dan belum dilaksanakan dengan baik.
ingin rasanya segera mempratikkan langsung ilmu yang saya dapatkan dalam layanan yang akan saya berikan kepada peserta didik. tapi memang untuk melakukan semua itu poasti akan terdapat kendala yang akan kita temui. hal itu tidak akan menyurutkan semangat saya untuk menerapkannya. karena disetiap kendala sudah pasti ada solusinya. salah satu yang menjadi solusi yaitu berkolaborasi dengan teman sejawat, berbagi pengalaman dan praktik baik.

Mempelajari modul 1.2 ada hal -hal baru yang saya temui dari diri saya seperti nilai guru penggerak yaitu berpihak pada peserta didik. pada dasarnya saya sebagai guru BK sudah menjalani nilai tersebut tetapi saya baru mengetahui klo itu yang di namakan berpihak pada murid. yang baru saja saya lakukan dengan nilai berpihak pada murid yaitu dengan menuntun peserta didik untuk memilih mata pelajaran pilihanya sesuai dengan minat, bakat dan cita-citanya. kemudian berkolaborasi dengan teman sejawat dan orangtua agar tujuan yang dinginkan tercapai dengan baik.

Untuk kedepan lebih termotivasi menerapkan ilm u yang saya dapatkan dari program guru penggerak teruytama di modul 1.2 ini mengani nilai-nilai dan peranan guru penggerak agar tercapainya tujuan pendidikan sesuai dengan filosofis pemahaman KHD. 

Wassalamualaikum. Wr.Wb. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline