Lihat ke Halaman Asli

Heri Sulistyawan

KULIAH DI UNIVERSITAS SULTAN AGUNG SEMARANG

Bermusyawarah di Lingkungan Masyarakat

Diperbarui: 21 November 2021   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

herisulistyawan@std.ac.id

Musyawarah/mufakat dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan masyarakat. Musyawarah adalah kegiatan untuk membahas suatu masalah secara bersama-sama.

Musyawarah di sebutkan dalam Al-Qur'an surat Al-Nisa (4): 59:

"Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan Rasul (Nya), dan ulil amr di antara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat mengenai suatu hal, kembalilah kepada (jiwa ajaran) Allah (Al-Quran) dan (jiwa ajaran) Rasul (sunnahnya). Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya" (QS Al-Nisa[4]:59).

Musyawarah/mufakat sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Mengenai musyawarah/mufakat di Indonesia, hal itu tertuang dalam alinea keempat Pancasila yang berbunyi "Rakyat dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan perwakilan". Tujuan diadakannya musyawarah dan ciri-cirinya Tujuan musyawarah adalah untuk mencapai kesepakatan. Untuk itu, ada beberapa ciri umum musyawarah, antara lain: * Musyawarah dilakukan oleh lebih dari satu orang. * Setiap orang memiliki kedudukan yang sama dalam suatu musyawarah. * Setiap orang punya pendapat Musyawarah dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencapai kesepakatan secara langsung dan dengan pemungutan suara, suara terbanyak menjadi kesepakatan bersama.

Contoh musyawarah dalam masyarakat * Ikut pemilihan ketua RT * Setelah pemilihan * Ikut rapat RT untuk menggalang dana bagi tetangga yang mengalami bencana Manfaat Musyawarah Manfaat musyawarah dapat dirasakan setiap hari karena merupakan kegiatan penting dalam hidup bersama. Manfaat musyawarah adalah: * Musyawarah dapat menyelesaikan masalah dengan lebih mudah Musyawarah dapat menyelesaikan masalah dengan lebih mudah karena dipikirkan secara bersama-sama untuk mencapai kesepakatan. * Musyawarah memperkuat kerukunan Musyawarah mengajarkan untuk hidup rukun melalui penyelesaian bersama atas suatu masalah. * Musyawarah memperkuat kerjasama Musyawarah memperkuat kerjasama karena anggota musyawarah harus menghormati hasil keputusan musyawarah dan bekerja sama untuk melaksanakan keputusan bersama. Dalam musyawarah setiap orang mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Pendapat seseorang satu sama lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline