Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran UMKM di Talok oleh Mahasiswa PMM Kel 205 Gelombang 7 UMM

Diperbarui: 7 September 2023   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuatan desain kemasan (Dokpri)

Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini memiliki tujuan yang sama dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat dan menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah  Malang (UMM). 

Di bawah pimpinan DPPM (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) UMM. Dan di bawah arahan dari DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) bapak Faris Rizal Andardi ST., MT, PMM yang beranggotakan 5 orang dengan koordinator Moh Nizar Arifin dan 4 orang anggota lainnya yaitu Felly Dista Lorinda, Hergi Rosan Agri, Masyani, Fitria Ningsih dari beberapa fakultas yaitu fakultas Teknik, fakultas Ilmu Kesehatan dan fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang yang bertemakan "Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Terkait Efektivitas Kerja dalam Upaya Meningkatkan SDM yang Unggul di desa Talok"

Berinisiatif membuat serangkaian kegiatan yang salah satunya menjadi program unggulan kelompok 205 PMM UMM yang di bimbing oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) bapak Faris Rizal Andardi ST., MT. Kegiatan memperbaiki strategi UMKM dengan metode berjualan online di media sosial dilaksanakan pada tanggal 02 Agustus 2023. Bagi para pelaku wirausaha, pemahaman mengenai strategi pemasaran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sangatlah penting khususnya di era digital.

Yup, bisnis dengan strategi yang tepat akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan teknologi, menjaga hubungan konsumen, hingga mengenal kompetitor. Perkembangan teknologi digital memaksa setiap pelaku bisnis untuk terus beradaptasi dan berinovasi demi bisa bersaing, termasuk perusahaan yang berada di level UMKM.

Salah satu cara untuk menghadapi persaingan adalah dengan menggunakan strategi pemasaran UMKM di era digital.

Strategi pemasaran online dapat diartikan sebagai teknik atau metode yang digunakan untuk memasarkan produk atau memperkenalkan sebuah produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara personal, cepat, dan relevan.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan terkait penerapan strategi ini yaitu:

  • Lakukan Riset Target Pasar

Strategi pemasaran UMKM yang pertama adalah melakukan riset target pasar. Langkah ini penting dilakukan di awal sebelum menjalankan segala bentuk kampanye dan promosi. Dengan melakukan riset bisa mengetahui seberapa besar peluang bisnis di pasar tersebut, bagaimana tingkat persaingannya, dan apakah sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan. Dalam menentukan target pasar, Anda perlu menyegmentasikan konsumen berdasarkan kategori tertentu seperti kebutuhan dan karakteristik mereka. Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang tidak sama serta strategi pemasaran yang berbeda pula.

  • Produk yang Dibutuhkan Konsumen

Langkah selanjutnya di dalam strategi pemasaran adalah menentukan produk yang tepat. Anda tidak bisa sembarangan memilih produk untuk dijual. Ketika Anda berhasil menciptakan produk yang sesuai dan memenuhi apa yang diinginkan pelanggan, mereka akan membelinya, bahkan, harga pun bisa saja tidak jadi masalah. Contoh strategi pemasaran UMKM di desa Talok ini adalah pemasaran produk cemilan makanan ringan.

  • Buat Desain Kemasan Menarik

Salah satu hal penting yang selalu jadi perhatian calon konsumen sebelum membeli suatu produk adalah kemasannya. Ketika membeli sesuatu yang belum pernah dibeli, konsumen cenderung akan menilai kualitas produk tersebut berdasarkan kemasannya. Tentu, kemasan yang menarik dan eye catching akan lebih banyak mendapatkan perhatian dan minat konsumen untuk membeli dan mencobanya.

  • Terapkan Promosi Digital

Sebagai bentuk adaptasi terhadap perubahan teknologi, Anda perlu menerapkan berbagai strategi pemasaran UMKM berbasis digital. Ada banyak contoh strategi pemasaran UMKM dengan channel digital seperti media sosial, online ads, KOL atau influencer, broadcast WhatsApp, email marketing, dan Google My Business.

  • Berikan Layanan Terbaik
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline