PENDAHULUAN
Saat ini kita telah memasuki ekosistem industri 4.0 yang menuntut sumber daya manusianya yang sedang melakukan usaha untuk terus berinovasi melakukan suatu pengembangan di setiap hal bisnis yang dikerjakan.
Dari pernyataan tersebut menyadarkan kita bahwasanya kita harus membuka mata terkait dengan perubahan dan inovasi teknologi yang telah hadir pada saat sekarang ini.
Namun pada kenyataannya pelaku indutri pada saat ini seperti UMKM dan yang setara dengannya masih kurang menyadari akan prospek dan peluang yang diberikan teknologi mulai dari pemanfaatan media komunikasi baik internet maupun digital.
Apabila diperhatikan, Indonesia mampu untuk memproduksi barang atau jasa yang mempunyai daya saing yang tinggi dibandingkan dengan produk dari luar negeri. Akan tetapi budaya masyarakat indonesia yang bersifat konsumtif serta lebih menghargai produk buatan luar negeri dari pada buatan dalam negeri sendiri menyebabkan produk Indonesia kurang untuk diminati.
Untuk itu pembekalan edukasi terkait dengan pemanfaatan internet guna untuk membangun bisnis masyarakat perlu untuk dilakukan, agar para pebisnis khususnya Usaha Kecil dan Menengah mampu untuk bersaing serta mampu untuk memperkenalkan produk maupun jasa yang dihasilkan dengan menerapkan suatu metode yang baru sehingga memperoleh pasar yang lebih baik lagi atau pasar yang maksimal.
Dengan adanya peningkatan pengetahuan terkait dengan cara memperkenalkan produk via internet, diharapkan mampu untuk manjadikan usaha yang dijalankan lebih berkompetitif serta dapat berdaya saing di pasaran.
Kebanyakan para pelaku bisnis di Indonesia masih menggunakan cara manual untuk memasarkan produknya sehingga masih dianggap kurang maksimal untuk memperoleh keuntungan dan hal ini banyak dilakukan di kalangan pebisnis khusunya Usaha Kecil dan Menengah. Kegiatan yang dilakukan belum terorganisir secara baik seperti halnya koperasi.
Dilansir dari beberapa artikel bahwasanya koperasi di indonesia terhitung sejak tahun 2019 mengalami penurunan baik dilihat dari jumlah koperasi yang masih aktif maupun dari jumlah anggota yang mau menikuti koperasi ini.
Tetapi pemerintah tidak tinggal diam, terhitung dari tahun 2020 sampai dengan saat sekarang ini pemerintah sangat menggalakkan kembali program untuk sumber daya manusia agar mau mengikuti kegiatan koperasi kembali yang nantinya mampu mengubah kehidupan masyarakat.
Oleh sebab itu perlunya edukasi terkait dengan pemanfaatan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada era Industri 4.0.