Lihat ke Halaman Asli

Bambang Hermawan

Penikmat Budaya

Memaknai Cerpen Danarto, Anakmu bukanlah Anakmu," Ujar Gibran

Diperbarui: 20 Desember 2023   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BERHALA, Kumpulan Cerpen penulis Danarto, Penerbit DIVA Press

Cerpen Danarto yang berjudul "Anakmu bukanlah Anakmu, " ujar Gibran berkisah tentang  tokoh utama Niken, seorang mahasiswi Fakultas Kedokteran UI serta ayahnya yang menggemari karya Kahlil Gibran. Dikisahkan Niken, gadis yang cerdas dan kalem, tiba-tiba hamil. Sudah barang tentu kondisi Niken ini memantik kehebohan baik di kalangan keluarga, kampus maupun dalam lingkaran teman-teman Niken. 

Niken bersikeras bahwa ia hamil dengan sendirinya, tanpa berhubungan dengan lelaki manapun, seperti kisah Bunda Maria. Dan memang Niken dikenal tak punya pacar. Kehebohan, khususnya di lingkungan keluarga, bertambah oleh tabiat Niken yang membantu mengobati pasien, bahkan operasi pun ia lakukan tanpa imbalan. 

Cilakanya pasien-pasien Niken termasuk para anggota pelaku huru-hara (bahkan di labeli pemberontah) yang terluka setelah baku tembak dengan tentara. Niken tak perduli pada keberatan bahkan kemarahan keluarganya, termasuk kakek neneknya yang pada suatu kesempatan berujar lang-ilango ndog siji", sebuah ungkapan jawa yang bermakna lebih baik kehilangan satu anak atau cucu daripada merepotkan keluarganya. Hanya ayah Niken lah yang berupaya memahami segala sikap dan perilaku serta pilihan hidup Niken. Maklum sang ayah adalah penggemar karya Kahlil Gibran, Kkususnya satu sajak Kahlil Gibran berikut;

Anakmu Bukanlah Milikmu

 

Mereka putra-putri Sang Hidup yang rindu pada diri

Sendiri

Lewat engkau mereka lahir, namun tidak dari engkau.

Mereka ada padamu, tapi bukan hakmu.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline