Lihat ke Halaman Asli

Hera Veronica Suherman

Pengamen Jalanan

Budidaya Bawang Bombay

Diperbarui: 15 Januari 2024   07:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Budidaya Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan umbi salah satu kebutuhan dapur, di antara kebutuhan bumbu-bumbu dapur lainnya. Guna diracik oleh para Bunda.

Dengan sentuhan tangan-tangan kreatif serta terampil, lantaran saban hari bergelut dengan sodet serta wajan. "Set.set.set.... srengsrengseng"

Sehingga tak ayal menjadi suatu olahan penganan yang lezat dan rasa pas di lidah. Lantas disajikan di atas meja makan guna disantap bersamaan dengan anggota keluarga.

Bawang bombay per-satuannya dihargai seharga 5.000 rupiah, dengan ukuran yang sedang tak terlalu besar dan tak terlampau kecil. Berarti ukuran kategori sedang-sedang saja.

Hanya bobotnya tergolong padat juga berat layaknya bawang bombay pada umumnya, ada pun bawang bombay dapat dibudidayakan.

Di samping menjadi komoditi yang memiliki nilai ekonomis. Lagi-lagi rupiah dapat dialokasikan untuk kebutuhan lainnya, yakni kebutuhan mendasar yang tak bisa ditawar.

Guna memperbanyak varietas bawang bombay hingga memiliki anakkan dengan cara menyemai, menyemai sendiri dapat dilakukan dengan beragam cara dengan menggunakan media air ( Hidroponik ), tanah,, cocofeat rockwool.

Menyemai bawang bombay dengan Media Air, langkah awal ambil satu buah bawang bombay dengan kualitas unggul. Sebab pemilihan bibit akan mempengaruhi hasil, tak terdapat cacat lantaran akan dijadikan sebagai bahan bibit. Lalu belah menjadi dua bagian.

Dokpri

Ambil sisi satunya untuk memasak serta sisi lainnya guna pemanfaatan, yang terdapat cikal bakal akar itulah yang sedianya dipakai. Untuk bahan bibit Bawang bombay, yang mana tak perlu dikupas lapisan kulit arinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline