Happiness At Work sebagai Salah Satu Perilaku Kerja Positif di Usaha Dos Muffler
Dewasa ini, perkembangan populasi kendaraan semakin meningkat. Kepadatan aktivitas di jalan membuat perlunya kenyamanan bagi para pengguna kendaraan khususnya motor. Oleh karena itu, tentu kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi baik dan selalu dilakukan service secara berkala. Hal yang tak kalah di masa sekarang adalah modivikasi kendaraan bermotor. Salah satu bisnis otomotif yang terkenal di kalangan remaja adalah bisnis produksi knalpot. DOS Muffler adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang otomotif khususnya produksi knalpot yang saat ini sedang naik daun dikancah balap motor 4 langkah, khususnya drag bike. Karena seri pertama IDC kemarin, bebek 200cc injeksi milik DOS Muffler menjadi yang tercepat. Padahal waktu itu, mereka masih terhitung pendatang baru dan kurang diperhitungkan. Nama mereka pun langsung ramai diperbincangkan setelah kemenangan di ajang tersebut.
Nama DOS sendiri diambil dari nama bengkel lama milik Mas Andis sebagai owner. Nama itu adalah singkatan dari Daoer Oelang Speed. Nama tersebut muncul karena Mas Andis dulu sering membeli barang bekas yang kemudian dirangkai di sepeda motor balap. Hal itu dia lakukan lantaran dulu belum banyak toko sparepart yang menjual komponen sepeda motor khusus balap. Namun, dibalik suksesnya knalpot ini, sang owner yaitu Mas Andis Tri Cahyono memulai bisnisnya dari nol pada tahun 2014 hingga dapat sukses seperti sekarang ini, bahkan belum lama ini Dos Muffler ikut serta dalam kejuaran Class Super Open NGO Super Fest 2022 di Thailand. Usaha Dos Muffler ini beralamat di Jimatan, Jatirejo, Kec. Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55663. Sebagai salah satu usaha produksi knalpot yang terkenal di kalangan masyarakat dan beberapa kali mendapatkan penghargaan serta sudah berjalan cukup lama, tentu usaha ini mendapatkan banyak feedback atau ulasan positif dari para pelanggannya sebagai berikut :
Kebahagiaan di tempat kerja merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan. Jika seorang karyawan memiliki kebahagiaan di tempat kerja, maka hal tersebut tentu akan menumbuhkan perasaan positif dan secara tidak langsung akan meningkatkan kinerja para karyawannya yang dimana akan mambantu dalam mencapai tujuan usaha dengan baik. Selain itu, kebahagiaan di tempat kerja juga akan menumbuhkan interaksi dan kerja sama tim yang baik antar para karyawan bahkan karyawan dan atasan sekalipun. Oleh karena itu, maka penulis ingin membagikan hasil penelitian mengenai tingkat Happines At Work pada karyawan Usaha Dos Muffler.
Kajian Teori mengenai Hapiness at work
Happiness at work dimaknai sebagai suatu keadaan yang berkontribusi positif dengan produktivitas suatu organisasi (Spector, 1997; Lee, et.all., 2000). Sehingga ketika karyawan dalam suatu organisasi bahagia di tempat kerjanya, maka produktivitas organisasi tersebut juga akan meningkat. Pryce-Jones (2010) menjelaskan bahwa happiness at work merupakan pola pikir individu untuk memaksimalkan kinerja dan mencapai potensinya. Individu melakukan ini dengan memperhatikan pasang surut ketika bekerja sendiri atau dengan orang lain. Kebahagiaan akan memberikan dampak positif bagi organisasi antara lain para pekerja akan merasakan kenyamanan ketika bekerja sehingga kinerja akan maksimal dan memberikan pengaruh terhadap produktivitas kerja (Vallina & Alegre, 2018).
Sejalan dengan pengertian tersebut Lyubomirsky, Sheldon dan Schkade (2005) menjelaskan bahwa happiness at work adalah bentuk dari "pola pikir kebahagiaan" yang secara relatif stabil dalam periode mingguan atau bulanan. Akan tetapi konsep tersebut bersifat sensitif sehingga dapat berubah karena faktor lingkungan dan intervensi yang telah difokuskan (Kurtz & Lyubomirsky, 2008). Indikator kebahagiaan karyawan dapat dilihat melalui ciri-ciri kebahagiaan yaitu menghargai diri sendiri, optimis, terbuka, dan mampu mengendalikan diri. Terdapat tiga poin penting dalam definisi kebahagiaan di tempat kerja, yaitu :
1. Untuk mencapai kebahagiaan di tempt kerja, diperlukannya suatu pendekatan dan secara sadar menyadarinya dari dalam diri tiap masing-masing individu.
2. Kebahagiaan di tempat kerja tidak hanya berfokus kepada individu, tetapi juga pada peran mereka di dalam kelompok.
3. Memahami efek "yin dan yang", yakni kehidupan yang seimbang. konsep hidup yang percaya bahwa setiap hal yang ada di muka bumi ini memiliki dua unsur yang berlawanan. Namun, hal yang bertentangan inilah yang menyatukan atau menyempurnakan. Dalam makna lain, dua hal yang berbeda ini justru bisa membuat suatu hal menjadi lebih indah.
file:///C:/Users/User/Downloads/LIYA%20MARLIYA
FPSI.pdfhttp://journal.ummat.ac.id/index.php/JIAP/article/viewFile/2570/pdf#:~:text=Happiness%20at%20work%20merupakan%20perasaan,Pryce%2DJones%2C%202010).
Dalam implementasinya, terdapat lima faktor yang membuat seseorang bahagia di tempat kerja yaitu :
- Hubungan positif dengan orang lain seperti dukungan dari rekan kerja dan atasan.
- Prestasi seperti keberhasilan menyelesaikan tugas, kesesuaian pekerjaan, dan mengembangkan diri.
- Lingkungan kerja fisik seperti fasilitas.
- Kompensasi seperti gaji dan insentif.
- Kesehatan seperti badan sehat dan rileks.
Hasil Analisis Tingkat Happiness at work
Dalam penelitian ini, penuis akan menjabarkan topik mengenai analisis tingkat Happines at Work pada Karyawan Usaha Dos Muffler. Responden yang didapatkan dalam penelitian sebanyak 10 karyawan yang semuanya berjenis kelamin laki-laki dengan persentase 100%.
Untuk rentang usia sekitar 20-30 tahun dengan persentase 100%. Kemudian untuk pendidikan terakhir responden adalah SMA/Sederajat sebanyak 100%. Dan dengan waktu lama bekerja 1-5 tahun dengan persentase sebanyak 100%.
Proses analisis tingkat kebahagiaan di tempat kerja tersebut dilakukan dengan cara observasi langsung dan menyebarkan lembar kuisioner secara offline pada Hari Jum'at tanggal 23 Desember 2022. Butir pernyataan kuisioner untuk variable kebahagiaan di tempat kerja berjumlah sebanyak 25 pernyataan dan pernyataan ini di ambil dari "Measuring Happiness at Work" oleh Simon Lutterbie & Jessica Pryce-Jones.
https://issuu.com/iopenerinstituteiberia/docs/lutterbie_and_pryce-jones__2013__-_
Skala pengukuran yang digunakan dalam mengkategorikan tingkat pernyataan adalah dengan nilai interval 0.80, adalah sebagai berikut :
- Skor kategori Sangat Tidak Setuju / Sangat Rendah : 1,00--1,80
- Skor kategori Tidak Setuju / Rendah : 1,81--2,61
- Skor kategori Netral / Sedang : 2,62--3,42
- Skor kategori Setuju / Tinggi : 3,43--4,23
- Skor kategori Sangat Setuju / Sangat Tinggi : 4,24--5,00
Dari total 25 butir pernyataan, 7 pernyataan (28%) menghasilkan kategori sangat tinggi, 16 pernyataan (64%) dengan kategori tinggi dan 2 pernyataan (8%) dengan kategori sangat rendah. Terdapat satu pernyataan dengan kategori paling tinggi yaitu pernyataan nomor 10 "Saya merasa norma dan budaya yang ada di tempat kerja saya sangat cocok dengan diri saya" dengan mean sebesar 4,60. Pernyataan tersebut memiliki makna bahwasannya dalam melaksanakan pekerjaannya, para karyawan merasa puas dan cocok dengan norma serta budaya yang ada dalam lingkungan kerja usaha tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena sang owner selalu berusaha membuat suasana atau lingkungan kerja yang menyenangkan. Usaha ini menerapkan prinsip atau budaya kerja dengan santai atau tidak formal (boleh menggunakan baju santai) namun tetap sesuai dengan prinsip keselamatan kerja dimana setiap melakukan kegiatan yang berisiko mengingat usaha tersebut adalah usaha di bidang otomotif jadi harus menggunakan APD atau alat keamanan kerja. Selain itu, pihak owner juga selalu berusaha meneapkan norma-norma kedisiplinan dan tanggung jawab kepada seluruh karyawannya dan hal tersebut dibuktikan dengan orderan produk yang selalu selesai dengan tepat waktu sesuai dengan pemesanan para konsumennya. Tidak hanya itu, para karyawan juga merasa budaya kera yang cocok karena mereka melakukan hal-hal atau kegiatan yang dicintai atau mencintai pekerjaan karena memang hobi dan memiliki kesenangan pada dunia otomotif yang membuat para karyawan merasa enjoy dan senang dalam melakukan pekerjaannya. Hal tersebut tidak hanya pada owner saja, namun seluruh karyawan pada usaha DOS Muffler memang basicnya pecinta otomotif.
Kemudian, untuk pernyataan dengan kategori terendah terdapat pada pernyataan nomor 9 yaitu "saya tidak menyukai pekerjaan saya" dengan mean sebesar 1,70. Dari hasil pennyebaran kuisioner tersebut memiliki makna bahwasannya kebanyakan karyawan menyukai pekerjaan mereka. Hal tersebut dikarenakan pernyataan nya memiliki hasil mean yang terendah. Untuk solusi yang dapat penulis tawarkan terhadap pernyataan terendah tersebut lebih mengarah kepada solusi untuk meningkatkan rasa suka karyawan terhadap pekerjaannya. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa suka karyawan pada pekerjaannya adalah dengan cara sebagai berikut :
1. Karyawan harus menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja agar adaptasi dapat berlangsung lebih cepat dan mudah, dan pihak owner harus juga memberikan ruang atau kesempatan bagi si karyawan agar tidak merasa sendirian.
2. Ketika mendapati masalah, karyawan harus selalu terbuka tentang setiap masalah yang dihadapi agar dapat lebih mudah mencari jalan keluarnya.
3. Semua orang baik owner maupun karyawan harus memberikan motivasi untuk karyawan yang bermasalah tersebut agar dapat lebih baik lagi kedepannya.
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan dari hasil analisis yang dilakukan melalui pemberian kusioner terkait kebahagiaan kerja, dapat disimpulkan bahwa karyawan Dos Muffler memiliki tingkat kebahagiaan kerja yang tinggi dengan porsentase 64% yang termasuk dalam kategori tinggi. Demi meningkatkan dan mempertahankan tingkat kebahagiaan dari para karyawan, diharapkan dari seluruh SDM baik itu owner maupun karyawan harus bersama-sama menciptakan lingkungan yang terus harmonis dan mempererat rasa kekeluargaan antara satu sama lain serta dapat mengesampingkan ego pribadi demi menciptakan lingkungan kerja yang positif dan nyaman. Selain itu, juga dapat dilakukan acara gathering bersama secara rutin untuk mempererat hubungan baik antar karyawan maupun hubungan karyawan dengan pihak owner.
Terimakasih kepada pihak Usaha Dos Muffler baik Owner maupun karyawan yang telah mengijinkan penulis untuk melakukan analisis tingkat kebahagian karyawan pada usaha tersebut dan mempublikasikannya. Semoga Usaha Dos Muffler dapat terus berkembang lebih baik dan lebih luas lagi kedepannya, dapat membuka cabang baru dan lebih dikenal oleh masyarakat luas lagi dengan tetap mempertahankan citra usaha dan performa kinerja produksinya. Penulis berharap dengan adanya artikel ini bisa menjadi bahan referensi bagi para pembaca khususnya dan masyarakat luas yang mencari produksi knalpot dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau serta referensi untuk melakukan analisis serupa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H