Perkembangan sosial emosi menurut American Academy of Perdiatrics (2012) menjelaskan bahwa acuannya yakni kemampuan anak terhadap pengetahuan mengenai pengelolaan dan pengeskpresian emosi secara lengkap baik emosi positif maupun emosi negatif, kemusidan mampu menjalin hubungan dengan anak-anak lain yang sesuai dengan usianya serta orang dewasa yang ada di lingkungan sekitarnya sehingga sang anak aktif mengeksplor lingkungan melalui belajar.
Masa atau umur usia dini ini biasanya disebut dengan tahap perkemangan kritis atau usia golden age (usia emas). Pada tahap inilah jaringan sel yang ada pada orak erfungsi sebagai pengendali dalam setiap kegiatan atau aktivitasnya sehari-hari.
Dua tahun pertama kehidupan manusia sangat penting bagi perkembang[1]an anak. Anak mulai mengembangkan kemampuan motorik indrawi, visual dan auditori yang distimulasi melalui ling[1]kungan sekitarnya (Schunk, 2012).
Anak usia dini adalah seorang anak yang usianya belum memasuki suatu lem[1]baga pendidikan formal seperti sekolah dasar (SD) dan biasanya mereka tetap tinggal di rumah atau mengikuti kegiatan dalam benntuk berbagai lembaga pendi[1]dikan pra-sekolah, seperti kelompok ber[1]main, taman kanak-kanak, atau taman penitipan anak.
Anak usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun. Sedangkan pada hakekatnya anak usia dini (Augusta, 2012) adalah individu yang unik dimana memiliki pola pertumbuhan dan perkem bangan dalam aspek fisik,kognitif,sosial emosional, kreativitas, bahasa dan komu[1]nikasi yang khusus yang sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui oleh anak tersebut. Dan berbagai penelitian menyim[1]pulkan bahwa anak usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental.
Definisi lain juga menyebutkan bahwa anak usia dini yaitu anak dengan usia 4-6 tahun dimana anak telah memasuki jen[1]jang prasekolah. Anak pada usia tersebut mengalami perubahan pada fase kehidup[1]an sebelumnya. Masa anak usia dini sering disebut dengan "golden age" atau masa emas.
Pada masa ini hampir seluruh potensi anak mengalami masa peka untuk tumbuh dan berkembang secara tepat dan hebat. Perkembangan setiap anak tidak sama karena setiap individu memiliki perkembangan yang berbeda.
Menurut Nurjannah (2017) perkembangan sosial emosional anak usia dini merupakan proses belajar pada diri anak tentang berinteraksi dengan orang disekitarnya yang sesuai dengan aturan sosial dan anak lebih mampu dalam mengandalikan perasaannya yang sesuai dengan kemampuannya dalam mengidentifikasi dan mengungkapkan perasaannya yang diperoleh secara bertahap dan melalui proses penguatan dan modeling.
Berdasarkan dua pengertian di atas maka dapat disimpulkan perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah proses perkembangan anak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya kepada orang tua, teman sebaya dan orang dewasa. Serta proses perkembangan keadaan jiwa anak dalam memberikan respon terhadap keadaan dilingkungannyan yang sesuai dengan aturan sosial yang diperoleh melalui mendengar, mengamati, meniru dan dapat distimulasi melalui penguatan dan contoh.
Taman kanak-kanak sebagai salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang ada di jalur pendidikan yang memberikan layanan bagi anak usia dini hingga memasuki tahapan pendidikan dasar.