Lihat ke Halaman Asli

Henysaf Safii

Mahasiswa

Apa Saja Tumbuhan dan Hewan yang Mampu Bertahan Hidup di Dataran Tinggi?

Diperbarui: 23 Mei 2022   18:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dataran tinggi adalah sebuah dataran yang terletak di ketinggian 700 mdpl. Dataran tinggi umumnya bercuaca dingin, perlu kekebalan tubuh yang baik untuk bertahan hidup di dataran tinggi. Oleh karena itu, tidak semua hewan dan tumbuhan dapat hidup di dataran tinggi.

Beberapa hewan yang dapat dibudidayakan di daerah dataran tinggi diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Sapi

Sapi adalah salah satu hewan ternak yang bisa hidup di dataran tinggi dan makanan utama sapi adalah rumput yang banyak ditemukan di dataran tinggi. Beberapa penelitian menyatakan bahwa sapi memiliki kekebalan tubuh untuk menahan udara dingin dan Ketersediaan rumput sebagai makanan juga menjadikan sapi mampu bertahan hidup di dataran tinggi.

2.Domba

Domba merupakan salah satu hewan peliharaan yang dapat bertahan hidup di dataran tinggi. Di Indonesia terdapat berbagai jenis domba seperti domba ovis dan domba peliharaan biasa. Domba adalah hewan herbivora, dimana rumput sebagai makanan pokoknya dan dataran tinggi sangat cocok bagi berbagai jenis domba.

3.Kuda

Kuda adalah hewan yang memiliki daya tahan tubuh kuat dan bisa hidup di dataran yang bersuhu dingin. Makanan pokok kuda adalah rumput dan banyak jenis rumput beserta dedaunan yang tersedia di dataran tinggi.

4.Kerbau

Kerbau adalah salah satu hewan ternak yang populer di Indonesia. Kerbau memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik, sehingga kerbau sering digunakan untuk membajak sawah.

5.Kambing

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline