Lihat ke Halaman Asli

Marhento Wintolo

Praktisi Ayur Hyipnoterapi dan Ananda Divya Ausadh

Urip untuk Menghidupi

Diperbarui: 13 November 2021   08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Urip

Urip secara harfiah berarti hidup. Yang jadi pertanyaan adalah: Benarkah kita sudah hidup dalam arti yang sesungguhnya?

Dalam pepatah warisan leluhur, terutama di Jawa dikenal: URIP IKU URUP. Pepatah singkat ini mengandung makna sangat dalam:

Hidup yang sesungguhnya bila dan bila kita juga bisa memberikan makna Kehidupan bagi sesama.

Bukan hanya kita menikmati kehidupan sendiri sedangkan makhluk sekitar kita menderita. Bahkan sedapat mungkin kehadiran kita memberikan kesejahteraan kehidupan bagi sesama. Inilah yang dimaksudkan hidup selaras dengan alam.

Perayaan

Bagi yang memaknai tujuan kelahiran, kita bisa mengubah hidup sebagai perkataan. Karena sesungguhnya alam telah memberikan berkah bagi Kehidupan kita.

Merasakan kehidupan berarti juga kita memberi kehidupan bagi sesama makhluk. Ada beberapa contoh nyata di sekitar kita. Pohon atau tumbuhan seka tumbuh mereka berjuang sendiri agar tetap hidup, namun di sisi lain tumbuhan memberikan hidupnya untuk menghidupi makhluk lainnya. Tumbuhan yang bisa memberikan Kehidupan bagi manusia dan hewan. Mereka tumbuh tanpa harapkan bantuan makhluk lain. Mereka memiliki kekuatan daya hidup. Pola hidup seperti ini bisa memberikan tauladan bagi kita sebagai manusia. Makna hidup yang sejati; kehadiran kita di dunia memberikan manfaat.

Mengapa saya sebutkan sebagai perayaan?

Mereka yang merasakan berarti tidak memiliki beban dan ketergantungan terhadap makhluk lain. Ketergantungan bermakna bahwa tindakan kita tidak bebas. Kita kasih memberikan kendali pada orang lain.

Manusia dan Hewan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline