Lihat ke Halaman Asli

Marhento Wintolo

Praktisi Ayur Hyipnoterapi dan Ananda Divya Ausadh

Spiritualitas Tidak Gratis?

Diperbarui: 9 Juni 2021   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Spiritualitas Gratis

Spiritualitas gratis tidak mungkin betul. Seorang guru sejati yang betul-betul memahami tentang spiritual tidak akan memberikan pemahaman ini. Karena seorang guru sejati mengerti dengan tepat tentang alam benda dan kebendaan.

Alam benda dan kebendaan memiliki hukum yang tidak dapat dihindarkan lagi, yaitu hukum sebab akibat. Hukum ini merupakan hukum alam yang tidak bisa dinafikan.  Satu hal lagi yang mesti diingatkan bahwa di dunia ini masih tetap berlaku pepatah ini: 'No free for lunch'. Dengan kata lain tidak ada yang gratis di dunia benda ini.

Gratis = malas

Ya gratis membuat orang jadi malas. Karena mereka akan meremehkan yang diberikan. Hal ini sangat sederhana dipahami. Segala sesuatu yang diperoleh atau didapatkan dengan mudah juga akan hilang dengan mudah. Mari kita perhatikan mereka yang mendapatkan warisan dari orang tuanya tanpa kerja keras terlebih dahulu,  maka data dipastikan akan hilang dengan mudah. Karena mereka tidak mengingat akan perjuangan sulit untuk mendapatkan harta tersebut. Secara otomatis mereka menghamburkan dengan mudah.

Hal ini juga bisa diibaratkan: 'Lebih baik mengajari memancing daripada memberikan ikan.'

Bila kita menerima sesuatu dengan gratis berarti kita tidak menghargai energi. Bukankah kita mendapatkan listrik juga harus berupaya dulu? Upaya mendapatkan sesuatu membuat kita menghargai orang lain. Bila kita menghargai pemberian orang, kita akan menyimpan dengan baik.

Terima kasih

Ungkapan terima kasih mestilah dilakukan, bukan hanya sekedar diucapkan. Inilah kata yang berbeda dengan bahasa lain. Kita menerima sesuatu, maka kita harus mengasih atau memberikan sesuatu; inilah hukum sebab akibat.

Dengan pemahaman yang dilakoni, maka kita bisa akan hidup selaras dengan alam. Ketika kita menerima  kenyamanan dari tanaman, misalnya tanaman padi, bukankah kita juga harus menanam dan memelihar dengan memberikan pupil dan air sehingga kita bisa merasa kenyang? Ini yang sederhana tentang hukum kebendaan; apalagi spiritual.

Spiritual

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline