Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

PENSIUNAN sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Graham Arnold Mundur dari Skuad Australia, Pengakuan Terselubung untuk Timnas Indonesia

Diperbarui: 21 September 2024   03:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Graham Arnold bersama skuad Australia di Piala Asia 2023 (Foto Reuters/Thaier Al Sudani). 

Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026, sudah memakan korban dua pelatih kondang asal Eropa. Mereka adalah Philippe Troussier dan Graham Arnold, pelatih yang sudah malang melintang di dunia sepak bola. 

Kendati demikian kedua pelatih tersebut harus menerima nasib sial ketika skuad asuhan mereka berhadapan lawan Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Baik Troussier maupun Arnold mengundurkan diri atau dipecat, menggambarkan pengakuan bahwa skuad Indonesia adalah tim yang mengalami kemajuan dalam performa saat berhadapan dengan skuad asuhan mereka. 

Mari kita simak uraian berikut ini bagaimana kedua peltih papan atas itu mundur dari tim yang mereka latih. Troussier sebagai pelatih Vietnam dan Arnold sebagai pelatih Australia. 

Philippe Troussier 

Sosok asal Prancis,Philippe Troussier yang melatih Vietnam harus mundur atau mungkin dipecat akibat skuad asuhannya, Vietnam kalah dua kali lawan Timnas Garuda. 

The Golden Star Warriors kalah 0-3 ketika mereka menjamu Timnas Garuda di May Dinh Stadium, Hanoi (26/3/24). Sebelumnya mereka juga kalah 1-0 dari skuad asuhan Shin Tae yong tersebut ketika bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (21/3/24). 

Akibat dua kekalahan di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut, Troussier harus mempertanggung jawabkan hasil buruk yang dialami pasukan Vietnam. 

Apalagi dalam laga terakhir mereka juga kalah dari Irak dan harus tersisih dari persaingan menuju ronde ketiga. Timnas Garuda berhasil lolos ke ronde ketiga karena berhasil menjadi runner up di bawah Irak yang menjuarai grup F. 

Troussier ini pelatih yang selalu sial ketika skuad asuhannya menghadapi Indonesia. Sebelumnya pelatih asal Prancis ini juga dipecat ketika skuad Qatar kalah 1-2 dari Indonesia di fase grup A ajang Piala Asia tahun 2004 di China. 

Naas memang nasib Troussier ini dipecat dua kali gegara kalah dari Timnas Indonesia. Tentu baginya akuad Garuda menjadi kenangan terburuk dalam karirnya sebagai pelatih. 

Graham Arnold 

Pelatih kedua setelah Troussier yang harus mundur dari kursi kepelatihannya setelah bertanding lawan Timnas Indonesia yaitu Graham Arnold, Head Coach dari skuad The Socceroos, Australia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline