Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Timnas Garuda, Tantangan pada 4 Laga Mendatang di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Diperbarui: 13 September 2024   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Timnas Garuda siap berlaga menuju Piala Dunia 2026 (Foto Kompas.com/AdilNursalam). 

Timnas Garuda berhasil meraih nilai positif dalam dua laga awal ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad asuhan Shin Tae yong menahan imbang 1-1 Arab Saudi di Jeddah, Jumat (6/9) dan draw tanpa gol dengan Australia di Jakarta, Selasa (10/9). 

Dengan hasil tersebut,Timnas Indonesia mengoleksi 2 poin terhindar dari dua kekalahan oleh tim-tim langganan Piala Dunia seperti Arab Saudi dan Australia. 

Ini adalah hasil yang sangat positif dalam membangun mentalitas tim Indonesia yang memiliki ranking Dunia paling rendah di antara 5 tim lainnya di Grup C. 

Jepang ranking 18, Australia, ranking 24, Arab Saudi, rangking 56, Bahrain rangking 80 dan China ranking 87. SementaraTimnas Indonesia ada pada posisi ranking 133 Dunia. 

Dengan koleksi dua poin tersebut skuad Merah Putih berada di peringkat keempat Grup C. Jepang memimpin klasemen denga total 6 poin dari dua kemenangan  atas China dan Bahrain. 

Arab Saudi mengintip di peringkat kedua dengan 4 poin hasil imbang dengan Indonesia dan menang atas China. Sementara Bahrain di peringkat ketiga dengan 3 poin dari kemenangan atas Australia. 

Skuad Timnas Garuda, meskipun belum meraih kemenangan, tetapi performa skuad asuhan Shin Tae yong ini menunjukkan permainan yang cukup solid dalam pertahanannya. 

Mereka dari dua laga yang sudah dijalani tidak terkalahkan berkat organisasi pertahanan yang sangat solid. Trio bek tengah dan dua full back dalam formasi 5 bek bertahan, sangat baik organisasinya. 

Kehadiran Jay Idzes dan Kevin Verdonk,dua pemain terbaru yang bergabung, menjadi kunci penting lini pertahanan Indonesia. Plus kiper asal klub Dallas FC USA, Maarten Paes, semakin membuat gawang Indonesia aman dari kebobolan. 

Khusus tentang Maarteen Paes yang melakukan debutnya di laga menghadapi Arab Saudi, telah menampilkan kemampuannya dalam mementahkan sebuah tembakan penalti pemain Arab Saudi sehingga mereka gagal meraih kemenangan. 

Demikian pula ketika menghadapi Australia, paling tidak ada 5 tembakan dengan level emas menjadi gol, tapi semuanya mentah dan gagal menjadi gol karena cemerlangnya penampilan Maarten Paes. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline