Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Benarkah Sepak Bola Gajah Sudah Merambah Piala Asia 2023?

Diperbarui: 26 Januari 2024   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatih Yordania, Hussein Ammouta (Foto Reuters/Ibraeem Al Omari). 

Benarkah sepak bola Gajah sudah mulai merambah ajang level bergengsi di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar mulai 12 Januari sampai dengan 10 Februari 2024? 

Pertanyaan itu mengemuka ketika laga terakhir fase Grup E yang memainkan laga Yordania lawan Bahrain dan Korea Selatan menghadapi Malaysia. 

Yordania dan Korea Selatan seolah-olah enggan menjadi juara grup karena mereka harus menghadapi Jepang pada babak 16 besar. 

Hal itu terjadi gegara Jepang mengalami kekalahan dari Irak sehingga mereka hanya mampu menjadi runner up Grup D yang terjadwal menjadi lawan Juara Grup E di babak 16 besar. 

Posisi Grup E sebelum matchday terakhir fase grup, Yordania memimpin klasemen dengan 4 poin kemudian posisi kedua adalah Korea Selatan juga dengan 4 poin. 

Namun Yordania unggul selisih gol dari Korea Selatan sehingga mereka berada di posisi pertama klasemen. 

Pada posisi ketiga ditempati oleh Bahrain dengan 3 poin yang masih memiliki peluang lolos ke 16 besar melalui jalur peringkat 3 terbaik. 

Dalam laga terakhirnya Yordania berhadapan melawan Bahrain sementara Korea Selatan menghadapi Malaysia. 

Dari awal sudah terlihat bahwa Yordania tampil tidak bergairah pada laga melawan Bahrain. 

Skuad yang memiliki julukan The Chivalrous Ones itu terlihat bermain aman dan tidak memiliki keinginan untuk mencetak gol. 

Dalam situasi seperti itu, muncul kesan bahwa Yordania sengaja tidak ingin menang untuk mempertahankan puncak  klasemen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline