Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar dengan Peluang Hanya 49,5 Persen dan Nasib Shin Tae-yong

Diperbarui: 25 Januari 2024   08:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ayase Ueda pencetak gol penalti untuk Jepang karena dilanggar Jordi Amat (Foto AP/Thanasis Stavrakis). 

Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar 12 Januari sampai dengan 10 Februari 2024. 

Menurut prediksi Opta yang mereka rilis melalui The Analyst.com (24/1/24), Timnas Indonesia masih memiliki peluang sebesar 49,5 persen untuk lolos ke fase knock out Piala Asia 2023. 

Timnas Garuda tidak berhasil meraih poin penting dari laga terakhir mereka menghadapi Jepang. Mereka harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 1-3. 

Walaupun demikian, Jepang sebagai tim dengan peringkat 17 FIFA dan peringkat satu di Asia, harus mengerahkan semua pemain terbaiknya untuk mengalahkan skuad Indonesia dengan ranking 147 FIFA. 

Bahkan 3 gol Jepang dua diantaranya adalah hadiah dari Jordi Amat dan Justin Hubner yang membuat blunder fatal di area penalti sendiri. Hanya satu gol Jepang yang murni merupakan kinerja apik mereka. 

Gol-gol Jepang hasil kreasi dari Ayasa Ueda dari titik penalti dan dua golnya di open play. Sementara Sandy Walsh menjadi pencetak gol untuk skuad Garuda. 

Kunci keberhasil Jepang malam itu berawal dari hukuman penalti akibat pelanggaran Jordi Amat kepada striker Samurai Biru, Ayase Ueda. 

Usai laga itu, pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu juga mengakui bahwa gol penalti cepat menit keenam, menjadi salah satu kunci kemenangan 3-1 atas Timnas Indonesia di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1) tersebut. 

Blunder Jordi Amat yang melanggar Ayase Ueda tersebut membuat Jepang mendapat tendangan penalti yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Ueda. 

Keunggulan dari gol ini membuat Jepang bermain dengan nyaman dan berhasil meraih kemenangan penting dari skuad Timnas Indonesia. 

Saat ini sudah ada 14 tim yang memastikan mereka berhasil lolos dari fase grup ke babak 16 besar ajang bergengsi sepek bola Asia ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline