Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Pep Guardiola Sudah Melupakan Kevin de Bruyne?

Diperbarui: 8 Desember 2023   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kevin de Bruyne akhirnya absen pada musim ini hingga akhir kompetisi (Foto AP/Fransisco Seco). 

Pep Guardiola apakah benar sudah melupakan Kevin de Bruyne? Pertanyaan ini sengaja saya apungkan mengawali ulasan artikel ini. 

Kita tahu sosok Kevin de Bruyne adalah pemegang rekor pemberi asis terbanyak pada musim kompetisi Premier League musim lalu. 

Pemain Belgia ini berhasil memberikan rekor asis terbanyak dalam satu musim yaitu sebanyak 16 asis seperti catatan rilis situs resmi kompetisi Pemierleague.com (8/12/23). 

Pada musim ini Erling Haaland memang masih menjadi top skor sementara dengan raihan 14 gol dibuntuti Mohamed Salah dari Liverpool dengan 10 gol. 

Meski Haaland masih produktif dengan menjadi top skor sementara, tapi Haaland pasti merasa kehilangan sosok Kevin de Bruyne sebagai tandem yang sangat memanjakannya dengan asis-asisnya. 

Pada musim lalu Erling Haaland keluar sebagai top skor kompetisi Premier League dengan 36 gol. Kevin de Bruyne sangat berperan aktif dalam pencapaian Haaland sebagai top skor.  

Pada musim lalu, mengawali laga-laga awal Premier League, Pep Guardiola selalu menerapkan formasi 4-3-3 dimana salah satu trio lini tengah yang turun sebagai starter adalah Kevin de Bruyne. Dia didampingi Rodrigo dan Ilkay Gundogan. 

Musim lalu, laga awal pekan pertama itu pada 22 Agustus 2022 City menghadapi tuan rumah West Ham dengan kemenangan 2-0. 

Dua gol tersebut diborong oleh Erling Haaland, gol pertama dari hadiah penalti dan gol keduanya merupakan asis dari De Bruyne. 

Selain formasi 4-3-3, Guardiola juga kerap kali menggunakan 4-2-3-1. Kevin de Bruyne dalam formasi itu ditempatkan oleh Guardiola sebagai penyerang lubang di belakang Erling Haaland. 

Pada posisi tersebut De Bruyne juga sering kali memberikan asis-asis memanjakan Erling Haaland untuk mencetak gol. Selain juga gol-gol yang kerap dia cetak sendiri. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline