Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Piala Dunia U17 2023: Hamidou Makalou Memukau Bawa Mali Habisi Argentina

Diperbarui: 2 Desember 2023   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mali meraih peringkat ketiga usai menang 3-0 atas Argentina di Piala Dunia U17 2023 (Foto Antara/Akbar Nugroho Gumay). 

Piala Dunia U17 di Indonesia tahun 2023 memasuki perebutan peringkat ketiga. Hamidou Makalou, gelandang serang Mali mencetak gol individu yang luar biasa saat Mali menang 3-0 atas Argentina untuk meraih medali perunggu. 

Dua gol lainnya hasil kreasi dari penyerang Ibrahim Diarra dan Mamadou Doumbia untuk melengkapi kemenangan telak tersebut yang berlangsung di Stadion Manahan Surakarta, Jumat (1/12/23). 

Mali berada di grup B bersama Spanyol, Uzbekistan dan Kanada. Pada laga perdana Mali menang 3-0 atas Uzbekistan, tapi kalah 0-1 dari Spanyol. Di laga terakhir fase grup mereka menang 5-1 atas Kanada. 

Lolos ke 16 besar sebagai runner up grup B, Mali menang 5-0 atas Meksiko. Di babak perempat final kembali menang tipis 1-0 atas Maroko sehingga lolos ke semi final. 

Namun pada babak semi final Mali harus mengakui keunggulan Prancis 1-2 dan hanya berhasil memperebutkan peringat ketiga menghadapi Argentina. 

Mali turun dengan formasi menyerang 4-3-3 menempatkan trio penyerang tajam mereka, Mahamoud Barry, Ibrahim Diarra dan Mamadou Doumbia. 

Pada posisi gelandang yang sangat dinamis adalah trio yang tak kenal lelah menguasai lini tengah. Mereka adalah Ousmane Thiero, Sekou Kone dan Hamidou Makalou, sosok yang menjadi Man of The Match di laga ini. 

Lini tengah  Mali ini mampu meredam para gelandang Argentina yang terlihat frustrasi. Santiago Lopez, Valentino Acuna, Gustavo dan Subiabre dibuat tak berdaya dalam perebutan bola. 

Lini tengah ini sangat vital untuk diperebutkan dan Mali sangat superior pada area ini sehingga begitu leluasa mengobrak-abrik pertahanan Argentina yang dikawal kuartet Tobias Palacio, Juan Vilaba, Octavio Ontavero dan Dylan Gorosito. 

Untung saja kiper Argentina, Jeremias Florentin berhasil menyelamatkan beberapa peluang Mali menjadi gol. Jika tidak maka Argentina bisa kebobolan lebih banyak. 

Argentina dengan formasi 4-1-4-1 tidak mampu menahan gempuran Mali yang bertubi-tubi. Terutama lini tengah mereka yang unggul satu pemainpun ternyata kalah bersaing dengan trio gelandang Mali. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline