Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Piala AFF U23, Gegara Garuda Muda Nasibnya Ditentukan oleh Tim Lain

Diperbarui: 23 Agustus 2023   07:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Striker Garuda Muda, Ramadhan Sananta menjadi tumpuan di Piala AFF U23 2023 (Foto PSSI). 

Ajang Piala AFF U23 yang berlangsung di Thailand baru saja menyelesaikan semua pertandingan di fase grup dan menghasilkan para semifinalis. Mereka adalah tuan rumah Thailand, Malaysia, Vietnam dan Timnas Garuda Muda. 

Timnas Indonesia U23 berada di grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Grup A sendiri terdiri dari tuan rumah Thailand, Kamboja, Myanmar dan Brunei. Sedangkan grup C dihuni oleh Vietnam, Filipina dan Laos. 

Dari 3 grup tersebut hanya para juara grup dan satu tim runner up terbaik yang berhak mendapatkan tiket ke babak semifinal di ajang usia muda ASEAN ini. 

Bagi skuad Garuda Muda kelolosan mereka menuju semifinal sungguh sangat dramatis mengingat mereka nasibnya tergantung dari laga-laga tim lain yang ada di 3 grup tersebut. 

Hal itu terjadi karena skuad asuhan Shin Tae yong ini gagal menang pada laga perdana menghadapi Malaysia dan hanya menang tipis 1-0 menghadapi Timor Leste. 

Dengan hasil ini Garuda Muda gagal menjadi juara grup B. Mereka hanya menduduki runner up dengan 3 poin dan produktivitas gol 2-2 dari kekalahan 1-2 oleh Malaysia dan kemenangan 1-0 atas Timor Leste.

Dengan posisi seperti ini, nasib Garuda Muda masih belum aman bisa meraih sebagai runner up terbaik karena masih tergantung dari tim lain yang memiliki sisa satu laga lagi. 

Walaupun pada klasemen sebelum laga matchday terakhir grup, Indonesia masih unggul dengan 3 poin dari Kamboja, 1 poin dan Filipina, 1 poin, mereka adalah dua pesaing memperebutkan posisi runner up terbaik. 

Bukan saja dari Kamboja dan Filipina yang menjadi ancaman posisi Indonesia, tapi juga Timor Leste yang satu grup dengan Indonesia, juga ancaman dalam meraih runner up terbaik. 

Mereka, tiga tim tersebut jika memenangkan laga terkahirnya pada fase grup, kemungkinan besar menjadi kandidat runner up terbaik tergantung dari selisih gol kemenangan yang mereka raih. 

Kamboja menghadapi Thailand di grup A. Timor Leste menghadapi Malaysia di grup B dan Filipina menghadapi Vietnam di grup C. 

Tuan rumah Thailand, Malaysia dan Vietnam adalah tim-tim yang merupakan musuh bebuyutan bagi Timnas Indonesia di ajang AFF ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline