Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Final Piala Asia U17 Jepang Vs Korea Selatan, Gambaran Pembinaan Usia Muda yang Berhasil

Diperbarui: 2 Juli 2023   01:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Jepang U17 lolos ke final melawan Korea Selatan U17 di Piala Asia u17 (Sumber Foto: Instagram.com/japanfootballassociation)

Turnamen Piala Asia U17 memang hanya ajang kejuaraan setingkat para remaja berusia di bawah 17 tahun. Namun justru ajang ini memberikan gambaran bagaimana sistem pembinaan usia muda di negara-negara peserta turnamen.

Jepang dan Korea Selatan merupakan dua negara di kawasan Asia yang dinilai berhasil mengembangkan metode pembinaan usia muda mereka.

Bukti dari hal tersebut sudah terlihat ketika kedua negara ini selain lolos ke putaran final Piala Dunia U17 di Indonesia. Mereka juga merupakan peserta Piala Dunia U20 2023 di Argentina yang lalu. 

Bahkan Korea Selatan di ajang U20 tersebut berhasil lolos sebagai semi finalis bersama Italia, Uruguay dan Israel. Sedangkan Jepang berkiprah hanya sampai babak fase grup. 

Wakil dari zona Asia, Korea Selatan, Jepang, Uzbekistan dan Iran adalah 4 tim semifinal di ajang Piala Asia U17 yang berhak meraih tiket ke Piala Dunia U17 di Jakarta. 

Laga final ini sudah seharusnya menjadi rujukan penting bagi coach Bima Sakti yang menjadi pelatih Timnas Indonesia U17 yang berlaga di Piala Dunia U17 Jakarta. 

Coach Bima mungkin bisa banyak mempelajari laga mereka dalam final yang berlangsung di stadion Pathum Thani, Thailand pada Hari Minggu (2/7/23) mulai pukul 19.00 WIB.

Indonesia seperti kita ketahui, mendapat kehormatan dari FIFA untuk menyelenggarakan PialaDunia U17 mulai 10 November hingga 2 Desember 2023. 

Penunjukkan FIFA untuk Indonesia ini setelah Peru dicabut haknya sebagai tuan rumah karena tidak mampu membenahi infrastruktur mereka. 

Pada ajang Piala Asia U17 2023 di Thailand ini, Korea Selatan lolos ke final usai mengalahkan Uzbekistan 1-0 di babak semifinal, Kamis (29/6). 

Gol tunggal dari tendangan bebas yang cantik oelh sosok Baek In Woo pada menit ke-31 membawa Taegeuk Warriors Junior ke partai puncak. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline