Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Indra Sjafri "Boleh Lega" tapi Harus Waspada Hadapi Turkmenistan

Diperbarui: 26 Mei 2023   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indra Sjafri dan Shin Tae yong (Foto Antara/Hafidz Mubarak A). 

Tantangan baru coach Indra Sjafri sudah menunggu, ketika Ketum PSSI Erick Thohir memberikan tugas untuk melatih Timnas Garuda Muda yang baru saja meraih medali Emas SEA Games 2023. 

Agenda terdekat skuad muda tersebut harus menghadapi ajang Kualifikasi Piala Asia U23 dan Asian Games Hangzhou 2023 yang berlangsung bulan September 2023. 

Kualifikasi Piala Asia U23 berlangsung di Indonesia pada 2-12 Sepetember 2023. Timnas Garuda Muda berada di grup K bersama skuad Turkmenistan dan Chinese Taipei. 

Hasil undian yang berlangsung di Markas AFC Kuala Lumpur, Kamis (25/5/23) kemarin, sangat menguntungkan bagi skuad belia kita. 

Hal itu karena Garuda Muda terhindar dari tim-tim kuat papan atas Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, dan Uzbekistan. Bahkan juga terhindar dari tim-tim Asia Barat yang kerap kali menyulitkan kita seperti Palestina, Jordan, Irak, dan Qatar. 

Grup A sampai dengan grup J (10 grup) terdiri dari 4 tim dan grup K berisi 3 tim sehingga total tim yang mengikuti kualfikasi ini berjumlah 43 tim. 

Tersedia sebanyak 15 tiket lagi yang harus mereka perebutkan bersama tuan rumah Qatar di putaran final Piala Asia U23 tahun 2024. 

Dari 11 grup itu hanya juara grup yaitu sebanyak 11 tim yang berhak langsung lolos keputaran final di Qatar. Sedangkan para runner up hanya dipilih sebanyak 4 tim sebagai runner up terbaik. 

Indra Sjafri juga menyambut gembira hasil undian ini dengan bersyukur berada di grup yang relatif mudah. Apalagi grup K ini satu-satunya grup yang hanya terdiri dari 3 tim. 

Para pengamat pun menilai mungkin hanya Turkmenistan yang menjadi tim terkuat yang menjadi lawan berat skuad Garuda Muda. Sementara Chinese Taipei, relatif mudah mereka atasi. 

Timnas Indonesia harus meraih juara grup K untuk lebih aman meraih tiket lolos ke putaran final di Qatar tahun depan. Dengan juara grup otomatis Garuda Muda lolos. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline