Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Bakso, Kuliner Favorit dan Ragamnya

Diperbarui: 24 April 2023   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi bakso bulat (Foto Shutterstock/Aris Setya via Kompas.com). 

Bakso adalah kuliner yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Kuliner ini sangat favorit bagi semua kalangan. Tua, muda, anak-anak, remaja dan orang tua lansia sangat menyukai bakso. 

Menurut jenis bahan bakunya bakso terbuat dari ikan, daging sapi dan ayam. Tentu saja nilai gizi bakso tergantung dari asal bahan bakunya. 

Bakso Ikan yaitu jenis bakso yang terbuat dari berbagai jenis ikan seperti dari ikan nila, kakap dan tenggiri. Berdasarakn informasi dari Halodoc.com (15/11/22), protein di dalam bakso ikan lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi. 

Dari informasi tersebut, dalam 100 gram bakso ikan, mengandung 11.27 gram protein, 11.72 gram karbohidrat, 1.23 gram lemak, 0.4 gram serat, 225 miligram sodium dan 53 miligram kolesterol. 

Sementara itu bakso sapi mengandung 444 kkal dalam satu mangkuk lengkap dengan isian bihun, saus dan pangsit. Kandungan lainnya, yaitu 10.89 gram lemak, 503 miligram kaloum, 233 miligram kolesterol dan 42.39 protein. 

Meskipun memiliki kandungan gizi tinggi seperti protein, tetapi bakso ikan dan bakso sapi juga mengandung kolesterol dan lemak di dalamnya yang sangat berpotensi mengganggu kesehatan tubuh. Sehingga kita tetap harus membatasi mengkonsumsi bakso. 

Selain bakso dengan bahan baku ikan dan daging ada pula bakso dengan bahan baku aci yang terkenal dengan nama Bakso Aci. Jenis bakso ini rasanya cenderung asam karena mengandung jeruk purut serta bubuk cabai. 

Di dalamnya juga terdiri dari aneka isian, seperti keju atau daging ayam.Nilai gizinya adalah dalam satu mangkuk bakso ini mengandung 218 kkal, 1.93 gram lemak jenuh, 1.99 gram protein, 48.58 karbohidrat dan 214 sodium. 

Di negeri kita kepopuleran bakso sangat akrab di masyarakat sehingga mudah menemukan kuliner ini di berbagai daerah. Bahkan saat ini setiap daerah biasanya memiliki bakso andalannya masing-masing seperti Bakso Malang dan Bakso Solo. 

Bakso Malang yang kita kenal selama ini adalah bakso yang berasal dari kota Malang. Jika bakso pada umumnya hanya berisi pentol bakso dan mie sebagai pelengkapnya, tapi berbeda halnya dengan bakso malang yang memiliki isian yang beragam. 

Bakson Malang ini memiliki isian mulai dari bakso goreng, bakso urat, bakso halus, tahu isi, tahu kulit, pangsit goreng dan juga siomay. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline