Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Mudik Gratis Lewat Tol Cisumdawu dan OTT KPK

Diperbarui: 15 April 2023   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terowongan kembar Tol Cisundawu (Foto CNBC Indonesia/Tri Susilo). 

Bagi warga Bandung harus menghadapi rasa prihatin dalam kegiatan mudik gratis tahun ini. Hal ini karena pada Ramadan Tahun 2023 ini, Wali Kota Bandung tidak bisa melepas acara mudik gratis tersebut oleh sebab Beliau terkena OTT KPK. 

Dari berita media menyebutkan bahwa Kepala Bidang Angkutan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kota Bandung, Asep Kurnia akhirnya yang menggantikan Bapak Wali Kota untuk melepas resmi acara Mudik Gratis tahun 2023 pada Sabtu (15/4). 

Kabar sangat memprihatinkan tersebut terasa sangat ironis ketika kita tengah menjalankan ibadah puasa dengan penuh khusyu. Justru ada momen yang sangat tidak terpuji dengan adanya OTT KPK. 

Mudik Gratis ini merupakan kegiatan Pemerintah Kota Bandung untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat yang akan mudik ke berbagai daerah di Jawa Barat seperti ke Cianjur, Sukabumi, Bogor, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Kuningan, Tasik, Ciamis Banjar, Pangandaran. 

Di tengah keprihatinan  warga tentang OTT Walkot Bandung tersebut, kegiatan mudik tetap berlangsung dengan baik. Dishub Kota Bandung menyediakan bus-bus untuk tujuan-tujuan tersebut. 

Selain itu juga ada pihak-pihak swasta yang juga sudah siap dengan bus-bus mereka untuk mudik gratis bagi para karyawan dan masyarakat. 

Sementara itu bus-bus yang disediakan oleh Dishub Kota Bandung sudah melewati uji kelayakan kendaraan. Begitu juga para pengemudi mereka sudah siap dan layak melakukan tugas membawa para pemudik ke kampung halaman. 

Bagaimana sarana jalan yang saat ini digunakan sebagai jalur mudik. Mari kita simak perkembangannya. 

Bagi para pemudik arah menuju Sumedang, Majalengka, Indramayu dan Cirebon lalu terus menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, saat ini jalan Tol Cisundawu sudah siap digunakan. 

Tol Cisundawu adalah jalan tol dari Cileunyi-Sumedang-Dawuan. Tol ini merupakan lanjutan dari jalur tol Purbaleunyi, Purwakarta-Bandung-Cileunyi. 

Sebelum Ramadan jalan tol ini baru bisa dilintasi hanya sampai seksi Cimalaka atau seksi Sumedang. Artinya para pengguna jalan tol hanya bisa keluar di Gerbang Tol Sumedang atau Cimalaka. 

Pada awal puasa yang lalu, saya kebetulan ada acara melayat teman karib yang wafat. Saat itu menggunakan travel menuju ke Majalengka. Jalan tol Cisundawu belum difungsikan hingga Ujungjaya baru sampai Cimalaka. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline