Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Curacao Baru Tahu "Sentuhan Ajaib" Shin Tae-yong

Diperbarui: 25 September 2022   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Shin Tae yong bersama pelatih Curacao, Remko Bicentini dalam acara jumpa pewarta (Foto PSSI). 

Curacao sebuah negara di Kepulauan Karibia mendadak saja menjadi perbincangan banyak orang di negeri kita. Hal itu terjadi ketika Timnas mereka menghadapi Timnas Garuda dalam dua laga FIFA Matchday. 

Sebelumnya masyarakat sepak bola kita sama sekali tidak mengenal nama Curacao. Negara ini baru saja berdaulat memiliki hak kemerdekaannya, kendati masih di bawah pengaruh Kerajaan Belanda.

Curacao menjadi negara yang masih berusia muda, setelah memisahkan diri dari Antilles Belanda pada 10 Oktober 2010 lalu. Usia yang masih muda karena baru 12 tahun merdeka.

Memiliki wilayah kecil dengan luas hanya 444 km persegi. Begitu pula mereka hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 155 ribu saja. Dengan jumlah penduduk yang sedikit itu, mereka memiliki tim sepak bola yang hebat. 

Coba lihat Curacao adalah negara yang memiliki Timnas dengan ranking FIFA, 84 Dunia, jauh di atas Indonesia yang ada di posisi 155 Dunia. 

Agenda FIFA Matchday selama di Indonesia mereka berhadapan melawan tuan rumah Timnas Garuda dalam dua laga di dua kota yang berbeda yaitu Bandung dan Kabupaten Bogor. 

Pada laga perdananya, Curacao harus mengakui keunggulan Timnas Garuda dengan 3 gol berbalas 2 gol. Laga tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/22). 

Pertemuan kedua Timnas Indonesia menghadapi tamu mereka, Curacao berlanjut pada Selasa (27/9/22) di Stadion Pakansari Bogor. 

Bagi skuad Garuda, dua laga ini adalah sangat penting dalam rangka menambah pengalaman bertanding menghadapi tim dengan peringkat FIFA yang lebih tinggi. 

Hal tersebut juga sekaligus untuk upaya mengangkat peringkat FIFA Timnas Garuda. Karena bagaimanapun peringkat FIFA menjadi penentu posisi pot dalam undian setiap mengikuti turnamen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline