Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Ironi Barcelona terhadap Alumni Akademi La Masia

Diperbarui: 19 Oktober 2020   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Eric Garcia, Manchester City, menjadi target transfer Barcelona di jendela bursa Januari 2021 (Foto Getty Images)

Sangat ironis apa yang dilakukan Manajemen Barcelona terhadap para alumni dari akademi mereka, La Masia. Aneh tapi  nyata, bakat-bakat cemerlang La Masia banyak yang diterlantarkan. 

Anda pasti sudah sangat akrab mendengar La Masia. Iya benar, La Masia adalah sebuah akademi sepakbola di Spanyol tepatnya di Barcelona yang telah banyak melahirkan pemain-pemain top seperti Lionel Messi, Pep Guardiola dan mantan pelatih Timnas Garuda, Luis Milla.

Alumni dari akademi ini biasanya direkrut langsung oleh klub La Liga, Barcelona. Nama-nama selain Messi, sebut saja Cesc Fabregas, Gerard Pique, Sergio Busquets, Carlos Puyol, Andres Iniesta dan Xavi Hernandes adalah pemain-pemain alumni terbaik dari akademi La Masia.

Namun demikian ada juga beberapa pemain lulusan dari sana ternyata bermain dan sukses bersama klub di luar Barcelona. Siapakah mereka? Mari kita simak.

Adama Traore, Eric Garcia dan Carlos Alena

Fakta bahwa Adama Traore dan Eric Garcia sama-sama melakukan debut bersama tim nasional Spanyol adalah pertanda kerja bagus yang dilakukan oleh alumni akademi La Masia.

Adama dan Garcia, keduanya adalah yang terakhir dalam barisan pemain yang telah meninggalkan Camp Nou dalam lima tahun terakhir agar bisa bersinar di tempat lain.

Saat ini yang tengah menjadi sorotan dari alumni La Masia adalah pemecah rekor pemain termuda dalam skuad Timnas Spanyol. Dia adalah Ansu Fati, sosok muda yang telah menyelamatkan kehormatan La Masia di tim utama, baik Barcelona maupun Timnas Spanyol.

Sementara itu dalam beberapa tahun terakhir Carlos Alena, yang pernah disebut-sebut akan menjadi gelandang hebat Barcelona berikutnya, ternyata menghabiskan paruh kedua musim lalu dengan status pinjaman di Real Betis.

Pemain muda ini memiliki peluang yang sangat terbatas di bawah Ronald Koeman untuk kompetisi tahun ini. Ini juga terjadi dengan Adama dan Eric Garcia, dengan keduanya tidak memiliki jalur yang jelas ke tim utama Barcelona.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline