Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Memahami Tugas Sekolah Almira Yudhoyono

Diperbarui: 6 Mei 2020   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden Jokowi (Foto ANTARA/Sigid Kurniawan)

Sudahlah, sekarang lebih baik fokus memerangi coronavirus dengan menjalankan penuh ketaatan pada aturan PSBB di daerah kita masing-masing. Masih banyak yang bisa kita lakukan yang jauh lebih penting dari hanya sekedar memperbincangkan tugas sekolah anak SD kelas 6.

Tidak ada yang aneh dari isi surat Almira Yudhoyono kepada Presiden Jokowi tentang penanganan virus corona. Seperti ditulis beberapa media bahwa itu adalah tugas sekolah selama Almira menjalankan kegiatan Sekolah di Rumah.

Menjadi heboh mungkin karena Almira adalah cucu dari SBY atau putri dari AHY, dua tokoh penting Partai Demokrat. Sehingga wajar jika kemudian terseret ke ranah kegaduhan politik. Sangat prihatin anak SD kelas 6 ini jika harus ikut dalam kegaduhan tersebut.  

Kemudian tentang unggahan yang dilakukan Ayah Almira yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dalam laman Instagram pribadinya tentang tugas sekolah anaknya tersebut. Lengkapnya kalimat itu seperti di bawah ini. 

"Beberapa hari yang lalu, Aira, putri saya mendapat tugas dari sekolahnya untuk membuat dan menyampaikan pidato dalam bahasa Inggris, menjelaskan tentang lockdown dalam masa pandemi covid-19 ini, dan kenapa harus lockdown secara mandiri di rumah. Tentu semua dilakukan di depan komputer, secara virtual," tulis AHY melalui akun pribadinya di Instagram.com/agusyudhoyono (2/5/2020).

Pernyataannya berisi kalimat yang standar saja. Tidak ada muatan politik sedikitpun. Memang ada kata lock down namun itu adalah lock down secara mandiri di rumah artinya karantina rumah bukan lock down wilayah. Program di Rumah Saja baik sekolah, bekerja dan ibadah sudah kita lakukan sejauh ini.

Unggahan ini banyak dikomentari secara positif oleh netizen karena memang isinya tidak politis. Silakan saja simak dan singgah di Instagram.com/agusyudhoyono. Para netizen memberikan apresiasi terhadap bahasa Inggris Almira yang masih SD kelas 6 ini.

Semua yang dikemukakan oleh putri Agus Yudhoyono dalam suratnya juga hal yang biasa saja. Semua isi surat substansinya sudah dilakukan selama ini dalam program PSBB misalnya belajar di rumah, bekerja di rumah, beribadah di rumah, jaga jarak dan harus rajin mencuci tangan.

Mari kita simak tugas sekolah dari Almira Yudhoyono. Surat kepada Presiden dan Menteri Kabinet aslinya dalam Bahasa Inggris. Intinya berbicara tentang ancaman Covid-19 saat ini bagi negeri ini. 

Surat itu juga diawali dengan mengenalkan diri "Nama saya Almira, warga negara yang peduli yang ingin mendukung pemerintahnya dalam menangani krisis korona."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline