Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Jurgen Klopp Belajar dari Dortmund dan Kembali Tantang Manchester City

Diperbarui: 19 Juli 2019   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jurgen Klopp (Foto Liverpoolfc.com)

Saat ini Liverpool tengah menghadapi laga pra musim dalam rangka persiapan serius untuk kompetisi Premier League mendatang. Setelah memenangkan laga uji coba pertama melawan Tranmere Rovers dan Bradford City maka pada Sabtu (20/7/29) pukul 07.00 WIB, Liverpool akan berhadapan lawan Borussia Dortmund di Notre Dame, Indiana USA.

Pelajaran dari Borussia Dortmund 

Bagi Klopp laga ini ini adalah kesempatan untuk mencoba seluruh skuadnya terutama para pemain mudanya. Klopp mengharapkan tantangan yang jauh lebih sulit karena ia ingin menguji tingkat kebugaran skuad Liverpool dengan keinginan untuk tetap menang dalam pertandingan pra musim ini.

Laga melawan Dortmund dianggapnya sebagai uji coba yang tepat bagi skuad The Reds. Dalam konferensi pers pra-pertandingan seperti dilansir Liverpoolfc.com (19/7/19), Klopp berkata: "Beberapa anak muda bersama untuk menghadapi tim kuat Bundesliga. Kita akan lihat Borussia Dortmund mengubah ritme permainan menjadi 60-30 untuk para pemain, maka hampir semua kekuatan akan hadir dalam laga tersebut. Dan itu akan menjadi pertandingan yang sulit."

Henderson dan Mohamed Salah (Foto Skysports.com) 

Sebenarnya ini yang sangat diinginkan oleh Manajer asal Jerman terhadap skuad Liverpool. Selalu ada dalam sepakbola, bahkan dalam pertandingan pra-musim sekalipun, kemenangan adalah tujuan akhir. Walaupun harus tetap diperjuangkan dengan ketat.

Liverpool tahun lalu juga melakukan uji coba pra musim melawan Dortmund namun mereka tidak berhasil menang dalam laga tersebut. Kekalahan adalah catatan penting sebagai bahan evaluasi. Jurgen Klopp dan tim pealtih selalu mencatat dengan detail performa para pemainnya untuk diberikan koreksi dan evaluasi.

"Ini selalu merupakan pertandingan pra-musim tetapi Anda terkadang dapat belajar lebih banyak dari kekalahan. Saya masih berharap kita bisa belajar banyak dari permainan yang bagus yang ditampilkan Dortmund." Kata Klopp seperti dilansir Liverpoolfc.com (19/7/19).

Manchester City Pesaing Sempurna di Premier League.

Bagaimana tentang persaingan dengan Manchester City pada musim kompetisi Premier League mendatang? Jurgen Klopp masih memendam rasa kecewa ketika Liverpool hany berselisih satu poin dengan City. Keunggulan satu poin itu membuat City meraih juara Premier League. Ini adalah peristiwa yang sangat menyakitkan bagi Klopp.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline