Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Ini Kata Niko Kovac Usai Bayern Berhasil Menahan Imbang Liverpool

Diperbarui: 20 Februari 2019   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kovac, Pelatih Bayern Munich (Foto Skysports.com)

 

Pelatih kepala Bayern Munich, Niko Kovac merasakan kelegaan yang luar biasa ketika tim asuhannya, Bayern Munich berhasil menahan imbang tanpa gol tuan rumah Liverpool. Menurut Skysports.com (20/2/19), disaksikan 52 ribu penonton  di Stadion Anfield yang sebagian besar adalah pendukung The Reds, Rabu (20/2/19) dini hari waktu Indonesia, Bayern benar-benar bermain kokoh tidak goyah dari serangan gencar Liverpool.

Kovac memberikan keterangan seusai laga kepada UEFA.com (20/2/19) : "Jika Anda melihat kompetisi kami berada di dalamnya adalah tampilan pertahanan yang fantastis. Namun kami bisa lebih klinis dalam situasi tertentu. Kami tahu kami tidak akan memiliki 80 persen penguasaan laga di sini. Tetapi kami bisa melakukannya lebih dominan di sepertiga akhir laga. "

Pernyataan tersebut menggambarkan bagaimana Bayern Munich cukup berhasil menguasai hampir 53 persen pertandingan. Mereka  bermain dengan kualitas yang relatif sangat berimbang. Formasi Bayern dengan 4-2-3-1 sangat mendukung kekuatan mereka menahan segala gempuran tuan rumah Liverpool.

Menurut Skysports.com (20/2/19), Bayern menggunakan skema 4 bek yang ditugaskan kepada kuartet Joshua Kimmich, Niklas Sule, Matt Hummels dan David Alaba. Mereka membentengi penajaga gawang Manuel Neuer.

Dua gelandang bertahan mereka adalah Javi Martinez dan Thiago Alcantara. Sementara dua sayap diserahkan kepada Kingsley Coman dan Serge Gnabry. Striker tunggal Robert Lewandowski dan berada dibelakangnya James Rodriguez.

Formasi dan taktik yang diterapkan oleh Kovac untuk meraih target draw bisa dikatakan berhasil. Mungkin Kovac tidak bisa mengingat terlalu banyak klub yang menghindari kekalahan dan menjaga clean sheet di Anfield ini. Namun demikian fakta bahwa Bayern berhasil memaksakan Liverpool dengan sangat sedikit peluang sudah menunjukkan klub Jerman ini bermain sangat baik secara taktik maupun teknis.

Dengan hasil ini Kovac dengan sabar menunggu laga leg kedua mereka di Allianz Arena, Munich dimana Bayern hanya butuh cukup dengan kemenangan 1 gol saja.   

"Margin pada level ini sangat kecil, jadi kami harus menunggu dan melihat apa yang terjadi di leg kedua. Saya orang terakhir yang merayakan hasil imbang tanpa gol. Kami harus terus bekerja keras secara fokus dan melihat di mana kami ada di game berikutnya. "Demikian Niko Kovac merasakan optimis menghadapi laga leg kedua nanti, seperti dilansir UEFA.com (20/2/19).

Selamat untuk Bayern Munich yang berhasil menahan imbang The Reds di Anfield Stadium malam itu dalam laga 16 besar Liga Champions Eropa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline