Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Usai Menang Lawan Arsenal, Inilah 4 Rekor Baru Liverpool

Diperbarui: 30 Desember 2018   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Unai Emery dan Klopp (Foto Arsenal.com)

Matchweek 20 menandai kompetisi Liga Primer Inggris memasuki putaran kedua. Pemuncak klasemen sementara Liverpool masih berada diposisinya dengan 54 poin setelah mereka berhasil meraih 3 poin dalam laga ke-20 tersebut. Mereka unggul sembilan poin dari Tottenham yang berada diperingkat kedua dengan 45 poin. Semetra itu Manchester City ada ditempat ketiga dengan 44 poin yang masih menyisakan 1 laga melawan Southampton, Minggu (30/12).

Mengamati skema permainan yang ditampilkan Jurgen Klopp, Liverpool kembali menggunakan skema 4-2-3-1. Dengan formasi ini terlihat ada keseimbangan yang sangat baik dari transisi menyerang menuju skema bertahan (Liverpoolfc.com 29/12/18).

Peran Georginio Wijnaldum dan Fabianho sangat besar dalam proses keseimbangan tersebut. Duet pivot ini penting sekali didepan kuartet Liverpool terutama sebagai pelapis duet bek tangah mereka, Dejan Lovren dan Virgil van Dijk.

Pertahanan yang solid ini sebagai keberhasilan Klopp untuk membuat lini depan The Reds lebih leluasa dalam menyerang. Mereka para penyerang seperti Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane merasa nyaman melakukan serangan karena pertahanan Liverpool sangat kuat dan kompak. Terlebih lagi penjaga gawang mereka, Allison Becker sudah teruji sangat tangguh di bawah mistar The Reds.

Maka, tidak heran jika Liverpool sangat produktif mencetak gol. Sejauh ini sudah menghasilkan 48 gol dan hanya kebobolan 8 gol yang paling sedikit diantara seluruh peserta kompetisi.

Kemenangan telak 5-1 Liverpool atas Arsenal di Stadion Anfield Minggu dini hari (30/12/18) ini telah menghasilkan beberapa rekor menarik. Catatan yang disajikan Premierleague.com (30/12/18) berikut ini merupakan rekor yang pernah dicapai Liverpool dan para pemain mereka.

  • Sampai dengan laga ke-20 kompetisi Premier League ini, Liverpool tidak terkalahkan dengan memenangkan 17 laga dan hanya bermain 3 kali seri.
  • Bagi Mohamed Salah dalam laga ini dirinya berhasil mengoleksi golnya menjadi 13 gol menyamai koleksi gol Aubameyang, Arsenal dan Harry Kane, Tottenham Hotspur. Tiga pemain ini berada diperingkat pertama sebagai Top skor sementara Premier League.
  • Salah juga menjadi pemain yang paling berhasil memberikan asis bagi rekannya di skuat Liverpool yaitu sebanyak 7 asis. Hanya selisih 2 asis dari Eden Hazard yang berada teratas di Premier League dengan 9 asis
  • Liverpool sudah memenangkan 20 laga atas Arsenal dari 54 pertemuan mereka di Premier League. Dari 20 kemenangan tersebut, 13 dimenangkan dalam laga di Anfield dan 7 laga menang di Emirate. Arsenal hanya mampu menang sebanyak 15 laga. Sisanya, 19 laga mereka bermain seri. Dua hasil seri terakhir berhasil dibukukan The Reds di Emirate Stadium 22 Desember 2017 dan 2 November 2018.
  • Roberto Firmino sudah membobol gawang Arsenal sebanyak 8 gol. Pencapaian pemain asal Brasil ini hanya selisih 1 gol dengan yang pernah dilakukan oleh Legenda Liverpool, Robbie Fowler dengan sembilan gol.

Mari kita tunggu kinerja Liverpool bersama Jurgen Klopp dalam laga-laga di depan. Bagi Klopp mungkin catatan tersebut tidak begitu penting dibandingkan gelar juara Premier League yang diimpikannya selama ini.

#hensa #kompasiana #premierleague 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline