Lihat ke Halaman Asli

AKIHensa

TERVERIFIKASI

Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Sebelas Gol yang Dramatis dalam Laga Timnas U-19 versus Qatar

Diperbarui: 22 Oktober 2018   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Timnas U-19 vs Qatar (Foto The AFC.com)

Laga yang mencekam penuh dramatis antara Timnas U-19 melawan Qatar karena harus menghasilkan 11 gol. Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim baik Qatar maupun Timnas U-19 sama-sama mengincar kemenangan.

Bagi Indonesia kemenangan adalah hasil yang akan membawa tim ke babak perempat final. Demikian pula Qatar sangat butuh kemenangan karena mereka sudah kehilangan poin saat kalah 1-2 dari Unie Emirat Arab dalam laga perdana, Kamis (18/10/18).

Hasil akhir adalah Qatar berhasil menundukkan Indonesia 6-5 dalam drama hujan gol yang sangat mencekam.  Timnas U-19 sudah tertinggal 1-4 di babak pertama lewat dua gol Abdulrasheed Umaru, Hashim Ali, dan Waad. Sementara gol balasan tuan rumah dicetak Luthfi Kamal yang sukses memanfaatkan tendangan bebas.

Gol gol yang dicetak oleh Qatar semuanya akibat kesalahan pemain belakang Timnas U-19. Nurhidayat banyak memberikan andil dalam bobolnya gawang Riyandi sebanyak 4 gol tersebut. Lini belakang Timnas U-19 benar-benar sangat rapuh. Banyak melakukan kesalahan dalam menjaga lawan. Terutama pergerakan cepat dari seorang Abdulrasheed Umaru. Penyernag Qatar ini akhirnya mencetak hattrick dalam laga ini.

Babak kedua pada menit-menit awal, Timnas masih belum berhasil menambah gol malah kembali kebobolan 2 gol akibat buruknya lini belakang yang tidak focus. Kedudukan menjadi 6-1.

Ada beberapa pergantian pemain di babak kedua yaitu Indra Mustafa menggantikan Nurhidayat, Todd Rivaldo masuk menggantikan Rafli. Masuknya Todd dan keluarnya Rafli mengubah posisi striker sehingga Egy Maulana Vikri berada di sana. Todd sendiri mengisi posisi Egy sebagai penyerang lobang.

Sejak adanya Todd di lini tengah, maka serangan mulai hidup. Luthfi dan Syahrian Abimanyu semakin aktif menjalankan penyerangan. Hasilnya adalah pelanggaran di sisi kanan pertahanan Qatar berhasil dimanfaatkan Todd Rivaldo melalui tendangan bebas melengkung ke pojok kiri gawang Qatar. 

Demikian pula ketika terjadi tendangan bebas di sisi kiri, Saddil berhasil mencetak gol dengan tendangan keras kaki kirinya menembus gawang sehingga skor menjadi 6-3.

Timnas U-19 (Foto The AFC.com)

Aliran bola dari lini berjalan dengan bergelombang baik ke sisi sayap maupun terobosan ke area penalty. Selain itu kadang-kadang pergerakkan Todd dan Egy yang sangat menyulitkan para pemain belakang Qatar telah membuka beberapa peluang gol. Akhirnya Todd menggenapi dengan dua golnya hasil solo run melewati pemain-pemain Qatar di daerah penalty membuat kedudukan menjadi 6-5. Namun sangat disayangkan waktu tidak cukup bagi Indonesia untuk menyamakan kedudukan.  

Hasil ini membuat Timnas U-19 ada di peringkat ketiga pada klasemen Grup A dengan raihan tiga poin. Qatar yang juga meraih tiga poin berhak menempati posisi kedua karena unggul head to head. Uni Emirat Arab tetap berada dipuncak dengan 6 poin setelah mengalahkan Taiwan 8-1.

Pelatih Qatar, Bruno Pinheiro merasa timnya masih memiliki apa yang diperlukan untuk lolos ke perempat final, meskipun mereka kalah 2-1 di hari pembukaan. Hal ini dikatakannya sebelum laga berlangsung melawan Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline